Tuesday, 21 August 2018

Atasi Kekeringan di Indramayu, Bahu-membahu Bikin Sodetan

Sabtu, 20 Juni 2015 — 18:07 WIB
Sodetan yang dibangun dengan cara bahu membahu

Sodetan yang dibangun dengan cara bahu membahu

INDRAMAYU (Pos Kota) –  Pada musim tanam gadu 2015, Kades Curug Carlim bersama Munajat Ketua Gapoktan Srikaya Desa Curug, Kecamatan Kandanghaur,  Kabupaten Indramayu, Jabar, bahu membahu berusaha mengatasi kekeringan yang menimpa tanaman padi milik para petani.

Caranya kata Kades Curug Carlim,  yaitu dengan menyodet lahan milik Pertamina sepanjang 5 Km. Dana yang digunakan untuk penyodetan lahan Pertamina itu berasal dari hasil swadaya murni masyarakat dan anggota Gapoktan Srikaya.

Ketua Gapoktan  Srikaya Munajat ditemui Pos Kota, Sabtu (20/6)  mengatakan, cara satu-satunya dalam mengatasi kekeringan yang kini mengancam tanaman padi petani, pada musim tanam gadu adalah menyodet lahan Pertamina sepajang 5 Km bersama-sama para kelompok Tani menggunakan beko. “Anggaran dana yang digunakan bukan dari anggaran pemerintah, tapi dari swadaya murni masyarakat Desa Curug melalui patungan atau urunan,” kata Munajat.

Penyodetan dilakukan mulai dari Blok Jongor Muda sampai ke Blok Jembatan Pranti. Pekerjaan tersebut atas hasil  musyawarah antara Pemerintah Desa Curug dengan masyarakat demi terwujudnya swasembada pangan. (taryani)