Friday, 16 November 2018

Wakapolda Tinjau Persiapan Posko dan Posyan Mudik

Kamis, 25 Juni 2015 — 19:49 WIB
Wakapolda Nangdang J Tinjau Persiapan Mudik

BEKASI (Pos Kota) – Sejumlah titik pantau dan sumbu arus mudik lebaran 2015  di wilayah Kota dan Kabupaten Bekasi tidak akan berubah, meski ada eksis tol Cikopo-Palimanan.

“Pos pelayanan sebagai titik lelah pemudik yang menggunakan kendaraan roda dua tetap di Kedungwaringin,” ujar  Brigjen Pol Nandang J, Wakapolda Metro Jaya, saat meninjau berbagai persiapan di Bekasi, Kamis (25/6).

Nandang menyebutkan, kepolisian ingin tahu seperti apa kesiapan sarana dan prasarana jalan untuk jalur mudik, selain itu Nandang pun menuturkan pengecekkan dilakukan di titik-titik lelah bagi pemudik yang menggunakan roda dua.

Untuk menjaga stabilitas mudik Nandang pun mengimbau pemudik agar setiap dua jam sekali untuk istirahat di titik lelah.

Meskipun pemudik masih di dominasi dengan kendaraan roda dua, namun untuk tahun ini Nandang menuturkan akan ada penurunan 5-10 persen yang mudik menggunakan kendaraan roda dua.

“Jadi banyaknya program mudik gratis dari Kementerian perhubungan, Pelni dan kereta api akan ikut menggurangi pemudik yang menggunakan kendaraan roda dua,” paparnya.

Sementara itu Dinas Perhubungan Kota Bekasi menuturkan akan membackup tugas dari kepolisian dalam mengamankan arus mudik lebaran tahun ini.

“Kegiatan pengamanan jalur mudik tahun ini kita akan berkoordinasi dengan aparat kepolisian, dan dari Dishub akan menerjunkan 150 personil di seluruh titik posko,” tandas Ikhwanuddin Kabid Lalu Lintas Dinas Perhubungan Kota Bekasi.

Di Kabupaten Bekasi, Nandang  memeriksa persiapan pos pelayanan (Posyan) Kedungwaringin. Sebelumnya ia mengecek Badan Kemitraan Polisi dan Masyarakat di MM 2100, Cikarang Barat.

Di sekitar  lokasi juga, Wakapolda Metro Jaya mengecek pedagang kayu bekas yang nantinya lahan mereka akan dimanfaatkan untuk parkir dan bengkel. “Meski  lebaran masih jauh, penempatan pos-pos pengaturan, serta pengurai macet harus disiapkan,” ujar Wakapolda, sambil mengatakan Posyan Kedungwaringin ideal karena merupakan titik lelah pemudik dari arah Jakarta yang telah berjalan sejauh kurang-lebih 50 Km.

Pada pos pelayanan nanti akan disediakan berbagai fasilitas seperti pijat refleksi, tempat ibadah, tempat pengobatan dan fasilitas untuk memanjakan pemudik.. (saban/d)

foto: Wakapolda Metro Jaya Brigjen Pol Nandang J, saat meninjau kesiapan Posko dan Posyan mudik lebaran di Kota dan Kabupaten Bekasi. (Saban)