Wednesday, 21 November 2018

Jaksel Tahun Ini Ganti Pompa Air Tua

Selasa, 30 Juni 2015 — 13:35 WIB

KEBAYORAN BARU (Pos Kota) – Untuk meminimalisir banjir, Pemko di Jakarta Selatan (Jaksel) tahun ini akan mengganti sebagian pompa air yang berusia puluhan tahun. Di antaranya di RW 02 Kelurahan Kebon Baru, Tebet yang kini dalam proses lelang di Unit Layanan Pengadaan Barang dan Jasa (ULP).

Jaksel memiliki 113 unit pompa air meliputi 27 pompa mobile, 66 pompa stasioner dan 20 pompa underpass.

“Penanggulangan banjir di Jakarta Selatan salah satunya terkendala dari mesin-mesin pompa yang sudah jadul akibatnya tidak bisa maksimal sehingga harus direvitalisasi,” kata Kepala Suku Dinas Tata Air Jaksel, Dedy Budiwidodo, Selasa (30/6).

Khusus di RW 02 Kebon Baru yang rentan banjir hingga dua meter lebih akibat luapan Sungai Ciliwung, dua unit pompa akan diremajakan berkapasitas 250 liter per detik. Serta akan membuat kolam kolakan baru sebagai daya tampung air.

Untuk pembangunan kolam kolakan, Sudin Tata Air Jaksel membutuhkan lahan sekitar 30 meter persegi. Rencana ini sudah disosialisasikan kepada warga setempat.

“Saya berharap warga setuju lahannya dibebaskan untuk mengurangi ancaman banjir yang sudah puluhan tahun berlangsung,” jelas Kasudin Tata Air Jaksel.

Di tempat terpisah di Komplek Deplu, Kecamatan Pesanggrahan yang juga kawasan rawan banjir, Sudin Tata Air Jaksel memasang pompa mobile yang sudah permanen dengan kemampuan daya sedot 250 liter per detik.

(rachmi/sir)