Tuesday, 23 October 2018

Tol Cipali Dioperasikan

Titik Macet Arus Mudik Pindah Dari Cikampek ke Cirebon

Rabu, 1 Juli 2015 — 11:42 WIB
Foto-Ilustrasi.

Foto-Ilustrasi.

JAKARTA (Pos Kota)-PT Jasa Marga memprediksi pusat kemacetan arus mudik Lebaran tahun ini akan berpindah dari Gerbang Tol (GT) Cikampek ke GT Ciperna Utama di tol Palimanan-Kanci, Cirebon. Hal ini terjadi akibat dioperasikannya jalan tol Cipali yang membuat pengendara mobil tidak lagi keluar di GT Cikampek.

“Kami perkirakan arus lalu lintas di GT Ciperna Utama pada puncak arus mudik yakni H-3 meningkat sekitar 459,19 persen dibanding hari biasa,” kata Dirut PT Jasa Marga Adityawarman didampingi Direktur Operasi Christantio Prihambodo, kemarin.

Karen itu Adityawarman mengatakan, pihaknya Lebaran tahun ini akan lebih memfokuskan perhatian di GT (GT) Ciperna Utama. Fasilitas kesehatan dan derek gratis akan disiapkan bagi pemudik yang mengalami gangguan.

Selain Ciperna Utama perhatian ekstra juga akan diberikan terhadap GT Cikarang Utama. Di gerbang ini arus lalu lintas pada H-3 diperkirakan mengalami peningkatan sekitar 99,3 persen.

GT lainnya yang diprediksi akan mengalami peningkatan arus lalu lintas antara lain GT Sadang 97,32 persen, GT Cileunyi meningkat 63 persen, Kalihurip Utara 71,84 persen.

Sementara itu Direktur Operasi Christianto Prihambodo mengatakan, mengantisipasi peningkatan arus lalu lintas yang tinggi pihaknya tetap akan berusaha memberikan pelayanan terbaik. Di GT Cikarang Utama akan dilakukan jemput pelanggan jika antrean yang cukup panjang.

Selain itu Jasa Marga akan mengoptimalkan tempat peristirahatan (rest area) di sepanjang jalan tol. Biasanya tempat ini akan sangat penuh mengingat banyak pemudik yang letih menggunakannya untuk istirahat sejenak.

Yang tidak kalah pentingnya adalah menyiapkan 245 kendaraan operasional berupa ambulan dan derek. Kendaraan operasional ini akan disebar di 250 Km jalan tol yang disiapkan Jasa Marga bagi pemudik.

(faisal/sir)