Friday, 21 September 2018

Pramuka Bogor Siap Ikut Jambore Dunia di Jepang

Jumat, 3 Juli 2015 — 14:23 WIB

BOGOR (Pos Kota) – Tujuh orang anggota Pramuka Kota Bogor bersiap bertolak ke Jepang untuk mengikuti Jambore dunia di Kirara Hama Yamaghuchi.

Jambore Pramuka dunia ini akan berlangsung mulai 28 Juli – 8 Agustus 2015 mendatang. Para anggota Pramuka penggalang, pandega, pendegak dan pembina dari Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Kota Bogor tersebut akan bergabung dengan Kontingen Pramuka Indonesia.

Sebelum bertolak ke Jepang mereka akan mengikuti pembekalan selama empat hari mulai 13 Juli 2015 di Bumi Perkemahan Cibubur Jakarta Timur.

Anggota Pramuka Kota Bogor yang akan mengikuti Jambore Dunia ini merupakan Pramuka – Pramuka pilihan dari beberapa sekolah yang ada di Kota Bogor, yakni, dari SMAN 1, SMAN 10, SMAN 2 dan SMPN 1.

Mereka adalah Gema Firdaus Aviantara, Irsyad Gerta Mahendra, Satryo Riswindagdho, Sinara Harakatuna, Nabila Putri Reiyan, dan Situ Nafisah Sulaeman, serta Endang Sumarni sebagai pembimbing.

Gema Firdaius Aviantara mengaku bangga bisa terpilih mengikuti kegiatan Kepramukaan dunia.

“Ini kali kedua bagi saya mengikuti kegiatan Kepramukaan di tingkat Interasional, sebelumnya saya pernah dikirim ke Malaysia pada tahum 2011,“kata Gema.

Apalagi Jambore di Jepang nanti, lanjut Gema, bertepatan dengan peringatan 70 tahun jatuhnya bom atom di Hirosima, dan Nagasaki.

“Oleh karena itu momentum ini akan menjadi penyemangat perdamaian dunia, “ kata Siswa SMAN 1 Bogor ini.

Endang Sumarni \pembimbing jambore dari Kota Bogor menambahkan, sebelum bertolak ke Jepang mereka akan dibekali pengetahuan tentang ke-Indonesiaan, kaarena setiap peserta wajib memperkenalkan negaranya masing-masing.

“Ini merupakan kesempatan berharga bisa bertemu dengan pandu sedunia,“kata dia.

Jambore Pramuka Sedunia atau World Scout Jamboree rencananya akan diikuti sekitar 30 ribu peserta dari 162 Negara. Jambore akan mengusung Tema “WA: a Spirit of Unity”.

Tema tersebut mempunyai arti harmoni, kesatuan atau kebersamaan. Wa juga merupakan nama awal untuk Jepang.
Walikota Bogor Bima Arya saat menerima audensi anggota Pramuka yang akan bertolak ke Jepang itu mengaku bangga karena mereka akan menjadi wakil Kota Bogor di tingkat Internasional.

“Sebuah kesempatan baik untuk mendapatkan pengalaman yang luar biasa dari pada yang lain,” kata Bima.
Bima juga berharap kepada duta – duta pramuka Kota Bogor ini untuk dapat memperkenalkan budaya kebogoran di Yamaguchi melalui software yang sudah dirancang Kominfo.
(yopi/sir)