Sunday, 23 September 2018

10 Hari Jelang Lebaran, Penumpang Bertambah di Stasiun Senen

Selasa, 7 Juli 2015 — 19:31 WIB
Meski telah disediakan ruang tunggu, calon penumpang di Stasiun Pasar Senen memilih menunggu di depan pintu atau area antrean masuk stasiun. Kondisi ini membuat area antrean tampak semrawut. (yulian)

Meski telah disediakan ruang tunggu, calon penumpang di Stasiun Pasar Senen memilih menunggu di depan pintu atau area antrean masuk stasiun. Kondisi ini membuat area antrean tampak semrawut. (yulian)

SENEN (Pos Kota) – Memasuki H-10 (sepuluh hari sebelum) Lebaran, Selasa (7/7), jumlah penumpang kereta di Stasiun Pasar Senen, Jakarta Pusat, meningkat. Posko Humas mencatat, hingga sore, sudah lebih dari 10 ribu orang diberangkatkan ke Jawa Tengah dan Jawa Timur.

“Sampai pukul 16:00 sudah 10.190 penumpang yang berangkat dari Stasiun Pasar Senen,” kata Kepala Humas Daerah Operasi I Jakarta, Bambang Setyo Prayitno, ditemui di Stasiun Pasar Senen, Jakarta Pusat, Selasa (7/7) sore. “Jumlah itu jelas meningkat dibanding hari-hari biasanya,” sambung dia.

Para penumpang itu, katanya, berangkat secara bertahap sejak sekitar pukul 05:30 menggunakan 16 kereta. Di antaranya, kereta Kutojaya Utara tujuan Kutoarjo, Fajar Utama Yogya tujuan Yogyakarta, Menoreh tujuan Semarang Tawang, Krakatau tujuan Kediri, dan Gumarang tujuan Pasar Turi.

“Di Stasiun Pasar Senen ini, setiap harinya ada 26 kereta reguler yang dioperasikan. Jadi dipastikan jumlah penumpang yang berangkat masih akan meningkat. Karena masih ada 10 kereta lagi yang akan diberangkatkan hingga pukul 23:00,” ujarnya.

Bambang menerangkan, massa arus mudik Lebaran secara resmi dihitung sejak H-15 atau Kamis (2/7). Total penumpang yang diberangkatkan dari Stasiun Pasar Senen sejak hari tersebut mencapai hampir 90 ribu penumpang.

“Kami memprediksi puncak arus mudiknya nanti terjadi sekitar H-1 hingga H-5. Dimana hari-hari tersebut merupakan masa favorit untuk mudik karena dekat-dekat Lebaran. Selain itu, penjualan tiket pun lebih banyak terjual pada hari-hari tersebut,” tuntasnya. (yulian)