Sunday, 24 June 2018

Arus Mudik di Merak, Mobil dan Pejalan Kaki Meningkat

Sabtu, 11 Juli 2015 — 12:59 WIB

MERAK (Pos Kota) – Gelombang arus mudik lebaran pada H-6 di Pelabuhan Penyeberangan Merak mengalami peningkatan. Pemudik yang akan menyeberang ke Pulau Sumatera mulai memadati Pelabuhan Merak, Sabtu (11/7). Peningkatan jumlah penumpang dibanding hari biasanya terjadi pada pemudik pejalan kaki dan pemudik dengan kendaraan pribadi.

Data yang dihimpun PT Angkutan Sungai Danau dan Penyeberangan (ASDP) Indonesia Ferry Cabang Utama Merak menyebutkan, jumlah penumpang di dalam kendaraan dan pejalan kaki mencapai 27.981 pemudik. Jumlah itu terjadi peningkatan dibandingkan hari biasanya yang hanya mencapai sekira 20.000 penumpang.

Peningkatan juga terjadi pada pemudik yang menggunakan kendaraan pribadi. Bila setiap hari biasanya tercatat 2.000 kendaraan per hari, pagi ini jumlahnya sudah mencapai 3.057 unit.

“Sampai saat ini penumpang meningkat hingga 50 persen dibanding hari biasanya,” ungkap Humas PT ASDP Indonesia Ferry Cabang Utama Merak, Mario S Oetomo.

Lonjakan penumpang, kata dia, diprediksi akan terjadi pada Sabtu malam. Puncak arus mudik sendiri diprediksi terjadi Rabu (15/7) mendatang. Untuk mengantisipasi hal itu, ASDP telah menyiapkan 50 kapal untuk melayani lintasan Merak – Bakauheni. “Sekarang kita operasikan 27 kapal, dan kondisi di laut dengan cuaca normal,” jelasnya. (haryono/yo)