Monday, 22 October 2018

Angkut 3 Ribu Motor Pemudik

`Asyik Naik Kapal Perang Dapat Makan Gratis`

Minggu, 12 Juli 2015 — 9:40 WIB
Foto- Menko Maritim, Menhub dan Dirjen Perhubungan Laut melambaikan tangan saat melepas pemudik gratis motor di Pelabuhan Tanjung Priok. (dwi)

Foto- Menko Maritim, Menhub dan Dirjen Perhubungan Laut melambaikan tangan saat melepas pemudik gratis motor di Pelabuhan Tanjung Priok. (dwi)

JAKARTA (Pos Kota) – Menteri koordinator Maritim Indroyono Soesilo dan Menteri Perhubungan Ignasius Jonan, melepas keberangkatan para peserta mudik gratis pengguna sepeda motor di terminal penumpang Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta Utara.

Pemberangkatan tahap I ini menggunakan KM. Dobonsolo tujuan ke Semarang dan kapal KRI milik TNI Angkatan Laut dengan tujuan Surabaya.

Pagi hari mulai pukul 08:00 calon pemudik gratis ini dilakukan registrasi ulang. Bahkan sejumlah pemudik yang datang menggunakan sepeda motor ada yang datang sejak shubuh dan megaku tidak keberatan.

Petugas melakukan pengecekan STNK, surat pendadtaran, KTP dan kelengkapan lainnya. “Saya senang dapat kupon maka malam gratis pula.” tutur Panji yang akan berangkat ke Surabaya.

Dirjen Perhubungan Laut Bobby R Mamahit saat mendampingi menteri mengatakan pihaknya rutin setiap tahun sejak tahun2011 menyelenggarakan mudik gratis dengan Kapal Bagi Pengguna Sepeda Motor.

Untuk tahun 2015 ini, pihaknya menambah rute perjalanan mudik gratis, jika sebelumnya hanya satu rute yakni ke Semarang tapi tahun ini juga ke Surabaya dengan total kuota kapasitas angkut sebanyak 13.500 sepeda motor dan 23.000 penumpang untuk arus mudik dan arus balik.

Para peserta mudik gratis pengguna speda motor ini juga diasuransikan jiwa bagi seluruh anggota keluarga serta asuransi kerugian untuk sepeda motor, fasilitas kesehatan, dokter dan obat-obatan, gratis makan malam (buka puasa) & makan pagi (sahur) selama diatas kapal, diberikan kaos dan masker bagi pengemudi sepeda motor, fasilitas Wifi Internet, serta Tauziah oleh Ustadz.

Menteri Perhubungan Ignasius Jonan mengimbau kepada para peserta mudik gratis sepeda motor agar tetap menjaga kebersihan, ketertiban dan keamanan selama di atas kapal.

Kepada Nakhoda dan Anak Buah kapal Menhub juga berpesan agar tetap mengutamakan keselamatan dan keamanan dalam pelayaran, serta dapat memberikan pelayanan sebaik-baiknya kepada semua penumpang selama di atas kapal selama dalam pelayaran.

“Ini merupakan komitmen dan kepedulian Pemerintah dalam hal ini Direktorat Jenderal Perhubungan Laut Kementerian Perhubungan. Melalui program mudik gratis ini masyarakat dapat melakukan perjalanan mudik dengan lebih aman dan nyaman serta dapat mengurangi beban jalan raya di sepanjang jalur pantura sehingga dapat mengurangi tingkat kecelakaan khususnya bagi kendaraan roda dua,” kata Jonan.

kapal-sub-1
(dwi/sir)