Sunday, 15 September 2019

Tempat Pembungan Sampah di Pinggi Kali Krukut Ditutup

Minggu, 12 Juli 2015 — 7:22 WIB
Gerobak Sampah

JAGAKARSA (Pos Kota) – Suku Dinas Kebersihan Jakarta Selatan menutup tempat pembuangan sampah (TPS) liar dan memasang papan larangan membuang sampah di pinggiran Kali Krukut di RW 01 Jalan Benda, Kelurahan Ciganjur, Kecamatan Jagakarsa.

Larangan tersebut menindaklanjuti keluhan pembaca melalui SMS Aspirasi Warga Jakarta di Pos Kota. Isi pesannya: “Gubernur DKI Jakarta tolong ditertibkan lahan di pinggir Kali Krukut di Jalan Benda RW 01 Kelurahan Ciganjur, Jagakarsa sejak 6 bulan ini  menjadi tempat pembuangan dan pembakaran sampah. Kami warga terkena polusi asap dan sakit saluran pernafasan. Terima kasih. 08118504xxx.

Menanggapi hal ini Kasudin Kebersihan Jakarta Selatan, Budi Mulyanto menugaskan Seksi Kebersihan Kecamatan Jagakarsa untuk mengecek lokasi dimaksud.

“Lokasi yang dikeluhkan di Jalan Benda RW 01 Ciganjur langsung kami tutup dan kami memasang papan larangan membuang sampah sesuai aturan di DKI,” kata Budi.

Pasca penutupan TPS liar tersebut, Budi mengakui di lokasi tersebut memang belum terdapat dipo atau lahan pembuangan sampah (LPS) untuk menampung sampah warga Jalan Benda dan sekitarnya.

Dikatakannya, rencana pembangunan LPS di tengah permukiman kerap kali ditentang warga dengan alasan membuat kawasan jadi kotor serta pasaran harga tanah melorot.

“Adapun LPS di Jagakarsa yang sudah tersedia di Jalan Sadar, Kelurahan Cipedak dan di Kampung Kandang, Kelurahan Jagakarsa,” pungkasnya. (Rachmi)