Wednesday, 14 November 2018

Dirjen Hubla : Tertibkan Ijin Usaha Bongkar Muat di Pelabuhan

Rabu, 15 Juli 2015 — 20:01 WIB
Dirjen Perhubungan Laut Kemenhub Bobby R Mamahit

Dirjen Perhubungan Laut Kemenhub Bobby R Mamahit

JAKARTA (Pos Kota) – Dirjen Perhubungan Laut Bobby R Mamahit memerintahkan kepada seluruh Kepala Otoritas Pelabuhan dan Kepala Dinas Perhubungan di seluruh Indonesia, menertibkan ijin usaha bongkar muat di pelabuhan.

“Seluruh Kepala OP, Kepala Dinas agar mengevaluasi dan melaporkan izin usaha dan kegiatan usaha bongkar muat yang tidak memiliki ijin sesuai PM 60 tahun2014. Bila perlu menindak tegas dengan menyetop kegiatannya baik yang dilakukan perusahaan bongkar muat maupun PT Pelindo I-IV,” ujar Dirjen Perhubungan Laut Kemenhub Bobby R Mamahit dalam surat telegram atau kawat No 34/PHBL/15 tertanggal 14 Juli 2015.

Bahkan dirjen meminta agar Kepala Dinas Perhubungan Provinsi yang ada pelabuhannya  untuk melakukan pencabutan izin usaha apabila terdapat perusahaan bongkar muat yang tidak lagi beroperasi serta tidak memenuhi persyaratan sesuai ketentuan yang berlaku (PM 60 Tahun 2014).

Sebab katanya, sekarang ini banyak kegiatan bongkar muat  dilakukan oleh perusahaan yang tidak memiliki ijin usaha bongkar muat atau ijinnya sudah habis masa berlakunya.

Dalam suratnya berjudul Evaluasi penertiban serta laporan kegiatan izin usaha bongkar muat, Bobby minta agar Dinas Perhubungan Propinsi melakukan koordinasi dengan Kepala Otoritas Pelabuhan maupun Kepala UPT pelabuhan setempat dalam rangka penertiban maupun pencabutan ijin usaha perusahaan bongkar muat.

Ketika ditanya akan adanya aksi protes, Dirjen Bobby sudah bisa mengantisipasi dan memperkirakan hal itu  akan terjadi protes dari pihak-pihak yang merasa di rugikan.  Namun ia menegaskan bahwa penertiban harus dilakukan demi tegaknya peraturan. (dwi)