Thursday, 20 September 2018

Ibukota Korea Utara Mempunyai Jalur Khusus Sepeda

Rabu, 15 Juli 2015 — 19:04 WIB
Jalur khusus sepeda di dekat Hotel Ryugyong, Pyongyang, Korea Utara

Jalur khusus sepeda di dekat Hotel Ryugyong, Pyongyang, Korea Utara

PYONGYANG- Korea Utara kini memiliki jalur sepeda di jalan-jalan utama kota Pyongyang untuk mengurangi kecelakaan yang melibatkan pejalan kaki dan pengguna sepeda.

Walaupun sepeda merupakan barang mewah tapi kendaraan ramah lingkungan ini populer di negeri yang jarang terdapat mobil pribadi. Sepeda sering digunakan  wanita untuk membawa barang ke pasar dan salah satu bisnis paling umum adalah bengkel sepeda.

Jalan beton di sepanjang trotoar di pusat kota Pyongyang telah diganti jalur sepeda yang ditandani dengan garis berwarna putih.

Pengendara sepeda di Korea Utara dilarang menggunakan jalan aspal dan selama bertahun-tahun mereka menggunakan trotoar, berbagi jalan dengan pejalan kaki. “Hal ini menimbulkan banyak kecelakaan karena pejalan kaki berjalan pelan,” demikian dikatakan Simon Cockerell, wakil dari perusahaan tur wisata Koryo Tours yang sering membawa wisatawan dari Barat ke Korea Utara.

Cockerell mengatakan pengguna sepeda di Pyongyang meningkat sekitar 50% dalam beberapa tahun terakhir, walaupun mengendarai sepeda dianggap tidak keren oleh warga Pyongyang yang sadar akan penampilan.

“Sepeda bukan moda transportasi umum bagi warga Pyongyang dan banyak warga mengatakan tidak menyukai menggunakan sepeda,” demikian ungkap Cockerell.

Walaupun begitu, perusahaan tur Cockerell kini menawarkan wisata sepeda di Korea Utara.(reuters/daus)