Tuesday, 11 December 2018

Tiga Hari Kedepan Puncak Arus Balik

Selasa, 21 Juli 2015 — 0:12 WIB

JAKARTA (Pos Kota) – Direktorat Jenderal Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan mencatat pada arus balik ini akan terjadi kemacetan di beberapa titik hingga tiga hari ke depan.

Informasi yang didapat di posko nasional Kementeri Perhubungan  ada beberapa titik kemacetan yang mungkin bisa dihindari pemudik yakni Nagrek, Majalengka, Cikapali, dan Cileunyi.

Selain titik kemacetan menurut  Betsy coordinator posko, daerah Comal, Jawa Tengah sebagai salah satu pusat titik kemacetan. “Pantauan kami di Dirjen Perhubungan Darat, di Comal sudah terjadi antrean kendaraan sejak Senin pagi pukul 10.00  (20/7),” ujarnya.

Titik kemacetan lainnya terjadi di gerbang masuk tol  Palimanan, Cikopo dan Brebes Timur. “Macet terjadi di ramp out  Palimanan, ramn in Cikopo, Pejagan dan keluar Brebes Timur dari jalan tol ke jalan nasional,” ujar Betsy.

Pantauan dari Road Transport & Traffic Management Center di Kementerian Perhubungan menunjukkan ruas jalur mudik  arus balik beberapa wilayah yang terlihat cukup padat antara lain, Sumpiuh (Jawa Tengah), Karanganyar (Jawa Tengah), Limbangan (Jawa Barat), dan Malangbong (Jawa Barat).

Pada Minggu malam (19/7) mulai terlihat  peningkatan kendaraan di wilayah Karanganyar, Malangbong, dan Brebes. Antrean kendaraan pun sangat padat bahkan menyebabkan kendaraan tidak bergerak selama beberapa jam.

Ketua Pusat Koordinasi Monitoring Angkutan Lebaran Harian Kementerian Perhubungan Yudhi Sari mengatakan kemacetan yang terjadi pada masa mudik dan arus balik tetap terjadi di beberapa titik namun tidak melampaui kapasitas jalan.

Kehadiran pasar tumpah juga penyebab kemacetan. Sedangkan kehadiran ruas tol baru Tol Cikopo – Palimanan  menjadi pengurai kemacetan pada saat mudik dan arus balik, kendati di ruas tol tersebut juga sempat terjadi kemacetan panjang akibat peningkatan volume kendaraan.

Kemacetan juga dipicu libur cuti bersama, dimana masyarakat mengisi liburan dengan mengunjungi sejumlah tempat wisata di sejumlah daerah hingga kendaraannya menyatu dengan pengendara arus balik.

Kemacetan sudah terasa sejak Pekalongan, Jawa Tengah sejak pagi hari  selepas daerah Batang memasuki Pekalongan. Kendaraan merayap pelan dan lebih sering berhenti. Ruas jalan dipenuhi dengan kendaraan roda empat berplat B. Para pengendara terpaksa harus bersabar menghadapi kemacetan selama melewati ruas kota Pekalongan.

Kendati sejumlah polisi sudah berjaga di sejumlah titik kamcetan namun jumlah volume kendaraan cukup besar hingga tidak bisa menahan arus kendaraan hingga menimbulkan kemacetan.

Diprediksi  puncak arus balik akan terjadi pada hari Rabu (22/7) dan hari Minggau (26/7) seiring masa liburan cuti bersama telah selesai dan perkantoran mulai melakukan aktifitas normal pada pekan depan. (dwi)