Monday, 26 August 2019

Golkar dan PPP Bisa Ikut Pilkada

Rabu, 22 Juli 2015 — 23:34 WIB

JAKARTA (Pos Kota) –  Dua partai tua, Partai Golkar dan Partai Persatuan Pembangunan (PPP), masih mengalami sengketa internal terkait dualisme kepengurusan. Namun, kedua parpol masih bisa ikut pilkada serentak dan mengajukan calon kepala daerahnya.

“Sampai saat ini, kedua parpol yang ada masalah atau sengketa, bisa ikut dalam pilkada sepanjang dua kepengurusan mengusung calon yang sama dan mempunyai koalisi yang sama,” kata Wakil Ketua DPR, Fadli Zon, Rabu (22/7).

Hanya saja, lanjut Fadli, kalau masing-masing kepengurusan di Golkar maupun PPP tak mempunyai calon atau koalisi parpol pengusung yang sama, maka calon mereka tidak akan bisa diterima oleh KPU.

Menurutnya, aturan itu secara informal disepakati di dalam pertemuan konsultasi di kediaman Wapres Jusuf Kalla beberapa waktu lalu. “Saat itu, pertemuan dihadiri sejumlah menteri, Ketua KPU, dan pimpinan parpol yang ada,” kata dia.

Jadi, lanjut Fadli Zon, bisa tetap mengusung walaupun memang ada persyaratan. Yakni kalau salah satu pihak kepengurusan, misalnya tidak bersepakat, berarti ya tidak diterima. “Atau calon yang diusung masing-masing kepengurusan berbeda, berarti tak bisa diterima,” ungkap politisi Gerindra ini. (winoto)