Wednesday, 21 November 2018

Sudah 50 Persen Pemudik Balik dari Sumatera

Puncak Arus Balik di Merak Diprediksi Sabtu

Rabu, 22 Juli 2015 — 16:45 WIB
Situasi dermaga Pelabuhan Merak pada arus balik H+5 lebaran Rabu (22/7) /Haryono

Situasi dermaga Pelabuhan Merak pada arus balik H+5 lebaran Rabu (22/7) /Haryono

MERAK (Pos Kota) – Gelombang arus  balik Lebaran dari Pelabuhan Bakauheuni, Lampung terus berdatangan ke Pelabuhan Merak, Kota Cilegon, Banten. Meski ramai arus balik, situasi layanan pelayaran di pelabuhan ujung Barat Pulau Jawa ini nampak lancar.

Dari data PT Angkutan Sungai Danau dan Penyeberangan (ASDP) Indonesia Ferry Cabang Utama Merak, Rabu (22/7) atau H+5 Lebaran, tercatat 344.635 penumpang atau sekitar 50  persen tiba. Jumlah penumpang kapal dari H-7 sampai hari H Lebaran tercatat sebanyak 647.800.

“Untuk motor yang sudah kembali tercatat 35.238 unit atau sekitar 46 persen. Dan kendaraan pribadi tercatat 40.316 atau sekitar 46 persen,” ungkap Mario S. Utomo, Humas PT ASDP Cabang Merak kepada poskotanews.com, Rabu (22/7).

Berdasarkan data itu, kata Mario, masih ada sekitar 300 ribu pemudik, 40 ribu motor dan 40 kendaraan pribadi yang belum kembali dari Pelabuhan Bakauheuni, Lampung. Mario mengatakan gelombang arus balik dari Pulau Sumatera akan terus mengalir di Pelabuhan Merak setiap harinya.

“Untuk puncak arus balik lebaran di Pelabuhan diperkirakan akan terjadi pada Sabtu mendatang atau H+8 lebaran,” kata Mario seraya mengatakan kapal yang dioperasikan sebanyak 27 unit kapal roro.

General Manager ASDP Indonesia Ferry Cabang Utama Merak, Yanus Lentanga menjelaskan, mulai lengangnya Pelabuhan Merak karena puncak arus balik lebaran sudah berlangsung pada Selasa atau H+4. “Benar sekarang pelabuhan sudah mulai lengang, dan tidak ada penumpukan pemudik. Karena tahun ini diprediksi ada dua kali puncak arus balik mudik, Selasa dan Sabtu,” kata Yanus. (haryono)