Saturday, 24 June 2017

FKUB Kota dan Kabupaten Bogor Sepakati Jaga Toleransi

Kamis, 23 Juli 2015 — 19:57 WIB
Lintas Agama

BOGOR (Pos Kota) – Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Kota dan Kabupaten Bogor Kamis (23/7/2015) sepakat untuk saling menjaga toleransi kerukunan beragama.

Pertemuan FKUB Kota Bogor yang di pelopori Kapolres Bogor Kota, AKBP Irsan, berlangsung di aula Makorwil Bogor di Jalan Kapten Muslihat Bogor Tengah Kota Bogor.

Sementara pertemuan FKUB Kabupaten Bogor yang di pelopori Kapolres Bogor, AKBP Suyudi Ario Seto, berlangsung di aula Widya Cita Mapolres di Jalan Tegar Beriman Cibinong Kabupaten Bogor.

Pada pertemuan baik di kota maupun kabupaten, dihadiri semua unsur pimpinan agama, mulai dari Ketua MUI, penguru Gereja, pengurus wihara, Pura dan pengurus Kongfuchu, kepala Kejaksaan Negeri, Ketua Pengadilan, pimpinan DPRD, unsur pemerintah daerah dan elemen Ormas Islam serta Kristen.

Ketua MUI Kabupaten Bogor, Mukri Adji usai pertemuan mengatakan, semua komponen sepakat, menjaga kerukunan beragama di Kabupaten Bogor.

“Kabupaten Bogor kami sepakat harus aman. Biar masalah hukum kejadian Torikala Papua, polisi yang selidiki,”kata Mukri Adji. Hal yang sama juga disampaikan Adam Ibrahim, Ketua MUI Kota Bogor.

Menurutnya, pemerintah sudah bekerja dengan membangun kembali angunan yang rusak terbakar. Sementara kasus hukumnya, polisi sudah bekerja.

“Papua sudah aman. Kita di Kota Bogor juga harus aman. Jangan mudah terprovokasi,”papar Adam Ibrahim.

Kapolres Bogor, AKBP Suyudi Ario Seto mengungkapkan, masalah di Torikala sudah selesai dengan adanya pelukan antara MUI dan pengurus GIDI Papua.

“Ini pertemuan hanya silaturahmi mempererat silaturahmi. Kami lakukan pertemuan untuk jaga antisipasi saja,”ujar AKBP Suyudi. (yopi/d)