Monday, 24 September 2018

Roy Suryo Ungkap Lagi Keterlibatan AS & AF dalam Rekaman Atur Skor

Kamis, 23 Juli 2015 — 10:02 WIB

JAKARTA (Pos Kota) – Mantan Menpora Roy Suryo kembali mengungkap keterlibatan pejabat Kemenpora membuat rekaman pengaturan skor. Roy menyebut inisial AS, dan staf khusus Kemenpora FR.

Menurut Roy, keduanya memfasilitasi seorang yang disebut-sebut dari kalangan mafia judi bola BS untuk menjebak pengatur skor yang ada di luar negeri. “Staf khusus dan sesmenpora, FR dan AS itu ikut membuat rekaman pengaturan skor SEA Games bersama BS” ungkap Roy Suryo, kemarin.

Roy mengatakan, tindakan itu sengaja dilakukan Kemenpora untuk membuktikan adanya mafia bola seperti temuan Tim 9 Januari lalu.

Meskipun bertujuan baik, upaya itu dinilai Roy sebagai tindakan tidak tepat. Apalagi Kemenpora disebutnya, tidak mempunyai wewenang untuk melakukan upaya penjebakan.

BARESKRIM AGAR USUT
Sehingga rekaman tersebut tidak bisa dijadikan bukti kuat untuk mengusut mafia bola di PSSI. Meskipun demikian, pakar telematika ini tetap berharap rekaman pengaturan skor itu bisa diusut Bareskrim Polri. Bahkan ia juga mendesak Bareskrim dapat membuktikan kebenaran dari rekaman tersebut.

“Saya desak Bareskrim untuk usut tuntas dan buktikan kebenaran rekaman itu,” kata Roy.
Sebab, bila tidak sampai tuntas, katanya, kehebohan tersebut sudah mengorbankan pemain dan pelatih tim nasional sepakbola pada SEA Games Singapura lalu. Pasalnya, kekalahan mereka di dua laga terakhir diindikasikan terjadi match fixing atau pengaturan skor. (awang/si)