Tuesday, 25 September 2018

Pasca Lebaran

Pedagang Ayam Potong Ngeluh di Cengkareng

Jumat, 24 Juli 2015 — 14:16 WIB

JAKARTA (Pos Kota) – Sederetan Kios penjual ayam potong mengeluh karena harga ayam masih naik pasca Lebaran, salah satunya kios At-taufiq di Pasar Cengkareng, Jakarta Barat. Pedagang mempekirakan harga ayam akan turun seminggu ke depan dan akan normal kembali.

Menurut satu pedagang ayam potong Islahudin, kenaikan harga ayam sebenarnya bukan hanya faktor Lebaran, kalau lebaran pasti naik tapi, dari pasokan ayam yang juga berkurang jadi tambah mahal, ujarnya

Harga ayam memang melonjak saat hari lebaran mencapai 30 persen dan belum turun sampai sekarang. Dengan harga yang bervariasi dikisaran dari Rp35 ribu bahkan hingga Rp100 ribu yang tergantung ukuran ayamnya. Tidak ada perbedaan harga antara ayam potong maupun yang masih hidup.

“Biasanya harganya Rp25 rib/ekor sekarang naik mahal banget, padahal lebaran udah lewat,” ujar Pinah.

Walaupun pembeli mengeluh harga ayam belum normal tapi, perhari di kios At-taufiq ayam bisa terjual habis 100 sampai 200 ekor karena, sudah memiliki pelanggan tetap.

“Harapannya harga normal biar penjual dan pembeli sama-sama enak. Seperti tahun kemarin hanya beberapa hari setelah lebaran harga sudah normal,” lanjut Islahudin.
(pnj-10/sir)