Tuesday, 25 September 2018

Normalisasi Saluran Air Pakai Alat Berat

Selasa, 4 Agustus 2015 — 0:14 WIB
Alat berat sedang menguras PHB Jalan Tarian Barat dan Timur, Kelapa Gading. (Wandi)

Alat berat sedang menguras PHB Jalan Tarian Barat dan Timur, Kelapa Gading. (Wandi)

TANJUNG PRIOK (Pos Kota) – Untuk mempercepat normalisasi 16 saluran Penghubung (PHB), Sudin Tata Air mengerahkan alat berat. Diharapkan dengan cara seperti ini sebelum musim hujan datang akan rampung seluruhnya dan ke depan wilayah Jakarta Utara bebas dari banjir dan genangan.

Pengerjaan normalisasi PHB dengan alat berat yang dilakukan sejak sepekan terakhir antara lain,  PHB Metro Kencana, Kelurahan Papanggo, PHB Tarian, Pegangsaan Dua, dan PHB Cilincing Raya. Sedangkan 13 lain juga akan menyusul dinormalisasi menggunakan exavator karena selain lumpurnya sudah mengeras juga terlalu tebal.

Kepala Suku Dinas PU Tata Air Jakarta Utara, Kasna mengakui pihaknya melakukan normalisasi 16 titik dengan menggunakan exavator. Menurutnya, memang secara keseluruhan ada 26 lokasi PHB di Jakarta Utara yang akan dikuras.

“Dari jumlah tersebut, tiga di antara sudah mulai dikerjakan sejak pekan ini. Selain menggunakan exavator, kami juga melakukan secara manual menggunakan tenaga kerja,” ujarnya.

Pengerjaan normalisasi ini akan terus lakukan secara bertahap. Mudah-mudahan keseluruhannya selesai sebelum Desember.

Diharapkan jika seluruhnya sudah selesai dilakukan normalisasi kawasan Jakarta Utara akan terhindar dari genangan dan banjir. Selain itu dirinya juga menghimbau kepada masyarakat agar menjaga saluran jangan digunakan untuk membuang sampah. (Wandi)