Wednesday, 26 September 2018

Pedagang Daging Sapi Geruduk DPRD Kota Serang

Rabu, 12 Agustus 2015 — 14:57 WIB
Foto-Puluhan pedagang sapi yang tergabung dalam Gabungan Pedagang Daging (Gapenda) Kota Serang, menggeruduk gedung DPRD Kota Serang, Rabu (12/8). Aksinya unjuk rasa buntut tingginya harga sapi di pasaran.

Foto-Puluhan pedagang sapi yang tergabung dalam Gabungan Pedagang Daging (Gapenda) Kota Serang, menggeruduk gedung DPRD Kota Serang, Rabu (12/8). Aksinya unjuk rasa buntut tingginya harga sapi di pasaran.

SERANG (Pos Kota) – Puluhan pedagang sapi yang tergabung dalam Gabungan Pedagang Daging (Gapenda) Kota Serang, menggeruduk gedung DPRD Kota Serang, Rabu (12/8).

Aksinya unjuk rasa para pedagang menuntut DPRD Kota Serang untuk menyampaikan aspirasinya berkaitan dengan tingginya harga sapi di pasaran. Dalam aksinya para pedagang membawa poster dan selebaran yang dibagikan kepada pengguna jalan.

“Kami menuntut pemerintah untuk menurunkan harga daging dan menambah kuota impor sapi. Karena memang kami kesulitan menjual sapi daging kepada masyarakat dengan harga tinggi,” kata Wardi, salah seorang orator, di halaman Kantor DPRD Kota Serang.

Dalam audensi dengan DPRD Kota Serang, Ketua Gabungan Pedagang Daging (Gapenda) Kota Serang, Aeng Khairuzzaman meminta dewan agar menyampaikan kepada feetloter, pemerintah bagaimana caranya harga daging bisa terjangkau atau turun.

“Bagaimana caranya harga daging hidup dari mereka Rp36 – Rp37 ribu atau menjadi daging yang siap di jual menjadi Rp90 ribu. Bagaimana kita bisa berjualan kembali dan tidak merugi,” kata Aeng.

Menanggapi itu, Anggota Komisi II DPRD Kota Serang, Tb Ridwan Akhmad mengatakan, bahwa solusi cepat yang akan dilakukan yakni mengundang pengusaha feedloter yang berada di Kota Serang.

“Untuk jangka pendeknya, kita akan duduk bersama semua pihak terkait terutama dengan feetloter untuk bagaimana kita caranya mengurangi efek dari masalah ini,” kata Ridwan.

Selain itu, lanjut Ridwan, pihaknya akan akan mengajukan konsultasi ke Kementrian Perdagangan dan Kementrian Pertanian karena memang persoalan mahalnya daging sapi ini, merupakan dampak dari skala nasional.

Sementara, Ketua DPRD Kota Serang, Subadri Usuludin mengatakan, pihaknya akan melakukan pertemuan secepatnya dengan berbagai pihak, baik itu Dinas Pertanian, Dinas Perdagangan Kota Serang dan Feetloter serta pihak-pihak lainya. “Mudah-mudahan dalam waktu dekat ini, hari Jum’at lah,” kata Subadri.
(haryono/sir)