Wednesday, 19 September 2018

Harapan Artis Pada Hari Kemerdekaan

Sabtu, 15 Agustus 2015 — 9:33 WIB
Maia Estianty

Maia Estianty

DALAM rangka memperingati HUT ke-70 Kemerdekaan RI, pada 17 Agustus 2015, sejumlah artis seperti Maia Estianty, Dewi Rezer dan Tika Bravani memiliki harapan bagi Indonesia.

Bagi Maia Estianty, meski sudah berusia 70 tahun, namun belum ada perubahan signifikan di Indonesia. Ia menuturkan seharusnya sebagai penerus bangsa, warga Indonesia harus banyak belajar dari para pendiri bangsa, salah satunya dalah H.O.S Cokroaminoto.

“Cokroaminoto selalu mengajarkan bahwa sebagai bangsa, Indonesia harus mampu berdiri di atas kaki sendiri, kemudian berdaulat dalam bidang politik. Kita harus berani berdiri di atas kaki sendiri tanpa mau dijajah asing,” ucap Maia.

Hal senada disampaikan Tika Bravani yang melihat jika Indonesia belum sepenuhnya merdeka. Masih banyaknya kemiskinan dan kurangnya menghargai produk dalam negeri menjadi salah satu cirri bahwa kita masih rawan terpengaruh pihak asing.

“Merdekanya separuh kayaknya. Mulai ke sini kayaknya mulai ada neokolonialisme. Kita harus lebih kuat lagi untuk menahan segala pengaruh yang masuk, apalagi sekarang udah ada MEA (Masyarakat Ekonomi Asean). Kita harus kuat dan punya karakter bahwa kita adalah negara yang hebat,” ucap Tika.

Tika berharap, di usianya yang ke 70 tahun, Indonesia mampu menjadi negara mandiri yang memiliki kemampuan untuk bersaing dalam era globalisasi, namun tetap memiliki karakter bangsa yang kuat.

Meski dengan segala perjuangan dan kekurangannya, artis cantik Dewi Rezer menyampaikan terima kasihnya kepada pahlawan bangsa yang telah berjuang memberikan kemerdekaan kepada Indonesia.
“Arti kemerdekaan, kami terima kasih kepada pahlawan yang sudah perjuangkan Indonesia. Sehingga kami bisa merdeka menentukan pendapat, berekspresi, dan menentukan pilihan sendiri,” ucap pemain film Rumah Ketujuh itu. “Kita sekarang ini tidak dipandang sebelah mata sama negara lain,” tegasnya. (embun)