Wednesday, 21 November 2018

Libur Panjang, Jalur Puncak Macet Total

Sabtu, 15 Agustus 2015 — 15:03 WIB
Puncak Macet

Puncak Macet

BOGOR (Pos Kota) – Kawasan wisata Puncak Bogor diserbu ribuan kendaraan asal Jakarta, Sabtu (15/8). Warga Jakarta dan sekitarnya  memanfaatkan hari pertama libur panjang kemerdekaan, dengan berwisata ke kawasan berhawa sejuk ini.

Ribuan kendaraan mulai mengular selepas gerbang tol (GT) Ciawi hinggga Gadog, antrean kendaraan sudah mencapai sekitar 8 Km. Kasat Lantas Polres Bogor, AKP Bramastyo Priaji mengatakan, peningkatan volume kendaraan sudah terjadi sejak Jumat (14/8) malam.

Tercatat sudah 27 ribu kendaraan roda empat keluar GT Ciawi. “Hingga sore ini, sudah 27 ribu kendaraan lewati gerbang tol Ciawi menuju Puncak. Prediksi kami, volume kendaraan akan terus bertambah,” kata AKP Bramastyo.

Pantauan CCTV di Posko Gadog, kepadatan kendaraan terjadi di beberapa titik seperti Jembatan Gadog, Tanjakan Selarong, dan Masjid Cipayung. “Jelang pintu masuk tempat wisata Taman Safari Indonesia (TSI) dan Taman Wisata Matahari (TWM) juga terjadi kepadatan,” paparnya.

Untuk mengurai kepadatan di jalur, pihaknya lalu memberlakukan rekayasa lalu lintas dengan memberlakukan sistem satu arah atau one way bagi kendaraan menuju Puncak dan Cipanas.

“Pemberlakuan sejak pukul 09.00 hingga pukul 12.00 WIB.‬ Kita tutup kendaraan dari arah Cianjur kemudian memprioritaskan kendaraan dari arah Jakarta. Namun sekarang kita sedang proses normalisasi arus lalu lintas untuk menghindari kepadatan akibat penutupan jalur,” ujarnya.

AKP Bramastyo mengimbau, bagi pengendara untuk tetap bersabar dan tidak melakukan pelanggaran rambu-rambu lalu lintas. Ditambah jika terjadi hujan, jalan menjadi licin dan berkabut.

“Karena biasanya awal kecelakaan itu bisa dari pelanggaran rambu-rambu lalu lintas. Harap antre dan usahakan tidak menyerobot,” pinta AKP Bramastyo. (yopi/yo)