Thursday, 22 August 2019

Bisa Dipakai Untuk Pawai Obor

Penjual Minyak Tanah Masih Eksis di Depok

Sabtu, 15 Agustus 2015 — 13:07 WIB

JAKARTA (Pos Kota) – Pawai obor yang akan diselenggarakan oleh warga RT 01/09, Sukmajaya, Depok pada Minggu (16/8) malam dalam menyambut hari kemerdekaan, jadi perdebatan warga. Pasalnya, minyak tanah yang dibutuhkan untuk bahan bakar obor kini langka.

Seiring beralihnya pengguna kompor minyak ke kompor gas, kini minyak tanah seakan hilang dari peredaran. Namun, di Depok masih terdapat agen gas yang masih menyediakan minyak tanah meski penggunanya nyaris punah.

Yusuf, ketua RT, mengaku sempat kesulitan mendapatkan minyak tanah. “Awalnya pawai obor ini jadi perdebatan karena minyak tanahnya langka. Tapi ada warga di kampung ini yang masih menjual walaupun harga perliternya cukup mahal,” ungkap Yusuf, Sabtu (15/8).

Adung, 62, mengaku sudah puluhan tahun menjual minyak tanah. “Dulu waktu belum musim kompor gas sekali pesan minyak tanah bisa sampai 3000 liter. Sekarang paling banyak cuma 50 liter, itu pun dua minggu baru abis, perharinya maksimal 4 liter, malah kadang ga laku sama sekali,” ujar warga asli Betawi ini.

Meski sepi, Adung memiliki seorang pelanggan yang rutin beli di agen minyaknya ini yakni Annisa. “Saya sampai sekarang masih menggunakan kompor minyak. Harganya memang mahal tetapi saya takut pakai kompor gas, jadi terpaksa pakai kompor minyak karena jauh lebih aman,” jelas Annisa.(PNJ-12/yo)