Thursday, 22 November 2018

Festival Bahari Nuhanera Dorong Ekonomi NTT

Jumat, 21 Agustus 2015 — 9:57 WIB

JAKARTA (Pos Kota) – Dalam rangka mendorong pertumbuhan ekonomi masayarakat daerah Kementrian Pariwisata gandeng Pemerintah Daerah Kabupaten Lembata Nusa Tenggara Timur gelar Festival Bahari Nuhanera.

Event tahunan yang ke 2 kali ini terdiri dari tangkap ikan paus tradiaonal, Atadei-Lamalera Explore & Expedisi Batubara, Festival Bahari Nuhanera, Festival Adventure Uyelewun, serta Festival Lamaholot.

“Kementrian pariwisata menyambut baik upaya Pemda Lembata dalam mempromosikan potensi pariwisata bahari Teluk Waienga sebagai destinasi wisata minat khusus underwater ke dalam negeri maupun mancanegara melalui kegiatan festival,” Kata Menteri Pariwisata Arief Yahya yang disampaikan oleh Fransiska Nina, Asisten Diputy Analis Pemasaran Kementrian Pariwisata dalam jumpa pers Festival Bahari Nuhanera di Balairung Soesilo Soedarman, Gedung Sapta Pesona Jakarta, kantor Kementerian Pariwisata.

Pada tahun lalu jumlah kunjungan wisatawan nusantara ke Kab Lembata mencapai 2046 orang sedangkan wisatawan nusantaranya mencapai 2012.

Sementara itu Kepala Dinas Budaya dan Pariwisata Lembata Longginus Lega mengatakan setiap pekan rata-rata ada 1 kapal pinisi yang membawa 12 sampai 20 wisatawan datang ke Teluk Waienga untuk melakukan wisata underwater serta berkunjung ke kampung adat Lewohal maupun melakukantrekking vulcano llelewotolok.

Paling banyak wisnus dari Australia,Jepang kebanyakan adalah peneliti. Dimana mereka melihat Penangkapan ikan paus secara tradisional yang terjadi di ban Mei hingga Oktober.

Sementara itu dalam menghasilkan devisa pariwisata, wisata bahari menyumbangkan sekitar 35%. Tahun 2013 dari total perolehan devisa pariwisata sebesar US$ 10 miliar, sebanyak US$ 3,5 miliar diperoleh dari kegiatan wisata bahari.

Indonesia memiliki 6 destinasi wisata selam utama yakni; Bali, Lombok, Manado, Lembeh, Komodo, dan Raja Ampat, sementara itu saat ini telah terdata sebanyak 710 dive sites di seluruh perairan Indonesia di antaranya Teluk Waienga. Lembata, NTT.

“Ada top five jenis wisata yang memberikan kontribusi terhadap kunjungan wisman yaitu; Belanja dan kuliner (80%), Wisata Heritage dan Religi (80%), Wisata Bahari (35%), Wisata MICE (25%), dan Wisata Olahraga (5%),” pungkas Nina.

(lina/sir)