Friday, 23 August 2019

Kemarau dan El Nino, Waspadai Ancaman Kebakaran

Selasa, 25 Agustus 2015 — 16:08 WIB
Foto ilustrasi

Foto ilustrasi

JAKARTA (Pos Kota) – Pada pengujung musim kemarau i, warga DKI Jakarta diimbau  meningkatkan kewaspadaan musibah kebakaran. Pasalnya, si Jago Merah makin ganas mengintai warga yang lengah. Bayangkan dalam sehari saja terjadi delapan kasus kebakaran yang mengakibatkan ratusan jiwa kehilangan tempat tinggal dan harta benda miliaran rupiah ludes dalam sekejap.

“Di musim ekstrim ini, kemarau  panjang dibarengi el nino, kerawanan kebakaran meningkat karena semua benda mengering sehingga mudah terbakar,” ujar Kepala Bidang Partisipasi Masyarakat, Dinas Pemadam Kebakaran DKI Jakarta, Abdul Choir, Selasa (25/8). Pada Sabtu (22/8) lalu,  sehari terjadi delapan kali kebakaran,” tambah mantan kepala Irbanko Jaksel.

“Delapan kasus kebakaran hampir semuanya diakibatkan oleh keteledoran masyarakat,” ujar Abdul yang akan menggalakkan penyuluhan pencegahan kebakaran kepada masyarakat. “Kami akan gelar penyuluhan, terutama di kawasan padat hunian dan rusun. Mereka akan memberikan penyuluhan di Rusun Jatinegara yang merupakan tempat hunian baru bagi warga eks-Kampung Pulo.

Adapun jumlah kebakaran total periode Januari-Agustus 2015 sebanyak  829 kasus. “Rinciannya 93 kasus dari kompor meleduk, 91 kasus korseleting listrik, 33 kasus dari puntung rokok dan lain-lain mencapai  230 kasus. (Joko)