Friday, 20 September 2019

Ribuan Petani Sumringah Terima Bantuan Traktor

Selasa, 25 Agustus 2015 — 9:49 WIB
Foto-Perwakilan kelompok tani saat menerima bantuan hand tractor.

Foto-Perwakilan kelompok tani saat menerima bantuan hand tractor.

SUKABUMI (Pos Kota) – Ribuan anggota yang tergabung di berbagai gabungan kelompok tani (gapoktan) di Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat sumringah.

Kebahagian mereka setelah menerima puluhan hand tractor (traktor tangan) dari Kementerian Pertanian hasil usulan Rumah Aspirasi dan Inspirasi Heri Gunawan (RAI HG) yang wadah Anggota DPR RI dari Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra).

Pada Senin (24/8) bertempat di RAI HG di Jalan Arief Rahman Hakim, Kota Sukabumi, ada 12 gapoktan yang menerima langsung traktor tersebut. Penyerahan traktor roda dua tersebut langsung dilakukan Koordinator RAI HG, Maman Suparman beserta sejumlah anggota dewan.

Sebelumnya, delapan bantuan hand traktor yang berasal dari Kementerian Pertanian, diserahkan langsung pada acara Tanam Perdana oleh Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD), Dirjen Prasarana dan Sarana Pertanian di Desa Mekarsari, Kecamatan Ciemas, Kabupaten Sukabumi,

“Kami sangat bersyukur telah menerima bantuan traktor ini. Sehingga dengan bantuan traktor ini dalam membajak sawah bisa lebih efesien waktu dan biaya. Bantuan ini sangat berterima kasih kepada Pak Heri yang sudah mengupayakan bantuan ini,” aku Ketua Kelompok Sempur Kecamatan Nyalindung, Eji Ramdhani, 51, kepada Pos Kota.

Selama ini, kata Eji, untuk membajak sawah menggunakan manual tenaga kerbau. Selain lambat, memakai tenaga hewan tersebut mahal dan cukup terbatas. Sehari sewa satu pasang kerbau, dirinya harus merogoh kocek Rp125 ribu.

“Nanti dengan adanya traktor ini dengan jumlah pengurus mencapai seratus orangan pemakaiannya akan digilir,” terangnya.

Koordinator RAI HG, Maman Suparman menyebutkan total bantuan hand traktor ini totalnya sebanyak 30 unit. Kata Maman, para gapoktan penerima bantuan hand tractor ini merupakan hasil seleksi dan usulan RAI HG yang diperjuangkan HG sebagai wakil rakyat yang berasal dari Dapil Jabar VI yang melingkupi Kota/Kabupaten Sukabumi.

“Yang sudah didistribusikan sudah ada 20 unit. Tinggal sepuluh unit lg masih proses verifikasi. Nantinya akan kembali diserahkan. Setelah didistribusikan kami juga akan melakukan monitoring ke lapangan untuk mengawasi pendistribusian hanf tractor ini,” ungkap Maman.
(sule/sir)

  • ramdan

    Kami juga petani banten ingin bantuan teraktor.