Tuesday, 18 September 2018

Pramuka di Jaksel Digembleng di Cibubur

Minggu, 30 Agustus 2015 — 11:40 WIB
Foto- Walikota Jaksel Tri Kurniadi menyalami peserta Jambore Pramuka Cabang Kwartir Jaksel di Bumi Perkemahan Cibubur. (rachmi)

Foto- Walikota Jaksel Tri Kurniadi menyalami peserta Jambore Pramuka Cabang Kwartir Jaksel di Bumi Perkemahan Cibubur. (rachmi)

RIBUAN Pramuka Penggalang yang tergabung dalam Kwartir Cabang (Kwarcab) Jakarta Selatan digembleng mental, spritual, fisik dan sosial selama tiga hari di Bumi Perkemahan Cibubur, Jakarta Timur.

“Pelatihan di alam terbuka ini diharapkan dapat membentuk insan-insan mandiri dan menjadi calon generasi muda berkualitas penerus bangsa,” kata Walikota Jaksel, Tri Kurniadi didampingi Ketua Kwartir Cabang Jaksel, HN Ma’mur dan Ketua Panitia, Budiana saat membuka Jambore Pramuka Kwarcab Jaksel di Bumi Perkemahan Cibubur, kemarin.

Hadir Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga DKI, Firmansyah dan seluruh Camat se-Jaksel.

Tri mengatakan Jambore Cabang merupakan forum para pramuka penggalang yang juga dapat menikmati rekreasi di alam terbuka dalam bentuk perkemahan. Namun penekanan pada pengembangan mental, fisik, intelektual, spiritual dan sosial. Baik sebagai individu dan juga sebagai anggota masyarakat.

Walikota Jaksel berpesan supaya para anggota Pramuka terus melatih kemandirian dan kepemimpinan. Jadikan kegiatan Jambore ini sebagai wahana untuk menanamkan jiwa patriotisme dan rasa kesetiakawanan serta kebersamaan.

Ketua Panitia Budiana mengatakan Jambore Cabang berlangsung selama tiga hari mulai 25 Agustus diikuti 4.230 Penggalang putra dan putri dari 10 Kwartir Ranting. Ditambah pembimbing seluruhnya 5.000 peserta.

Selain itu sebagai rangkaian Jambore, para Ketua Majelis Pembimbing Gugus Depan mengikuti orientasi dan pengarahan oleh Kepala Dinas Pendidikan DKI Jakarta, Arie Budiman.

Sejumlah peserta Jambore mengaku senang bisa berkumpul dengan sesama Pramuka Penggalang se-Jaksel sehingga dapat menjalin pertemanan dan persaudaraan. “Saya dan teman-teman sangat bersyukur ikut Jambore seperti ini supaya bisa mandiri dan menambah pengalaman,” kata Siska Handayani, peserta dari Kecamatan Pesanggrahan.

(rachmi/sir)