Monday, 17 December 2018

Kapolda Metro Imbau Buruh Demo di Monas, Besok

Senin, 31 Agustus 2015 — 15:54 WIB

JAKARTA (Pos Kota) – Kapolda Metro Jaya, Irjen Pol Tito Karnavian, mengimbau para buruh agar damai selama menggelar unjuk rasa, yang akan dilakukan, Selasa (1/9/2015).

Unjuk rasa yang dilakukan buruh dari Jakarta, Depok, Tangerang, dan Bekasi tersebut akan dimulai pada pukul 09.00 WIB dengan titik kumpul di Bundaran Hotel Indonesia menuju Istana Merdeka.

Para buruh akan melakukan long march Bundaran Hotel Indonesia menuju Istana Merdeka. Namun para demonstran buruh akan dipusatkan di lapangan Monumen Nasional (Monas), Jakarta Pusat.

Menurut Tito, penyampaian tuntutan secara terpusat di lapangan Monas dilakukan supaya tidak menggangu aktivitas masyarakat DKI Jakarta. Sebab, aksi buruh itu dilakukan tidak pada saat hari libur sehingga dikhawatirkan menggangu ketertiban.

“Aparat menghendaki tidak menghalangi kegiatan unjuk rasa. Kami menyarankan aksi dilaksanakan di Monas. Jakarta ada masalah kemacetan. Kalau ada penutupan ruas jalan akan berdampak ke seluruh Jakarta,” ujar Kapolda, Senin (31/8/2015).

Para buruh dipersilakan menyampaikan tuntutan dengan cara turun ke jalan, namun dia berpesan supaya penyampaian tuntutan tersebut dilakukan tanpa menggangu ketertiban masyarakat.

“Kami mengharapkan rekan-rekan dapat mengatur kegiatan dengan tertib tanpa menggangu masyarakat lainnya,” tutur Tito, Senin (31/8).

Aparat kepolisian melakukan pengamanan dan pengaturan arus lalu lintas di tempat buruh beraksi.

Sebanyak 8.000 aparat kepolisian diterjunkan sebagai upaya mengantisipasi aksi elemen buruh yang berjumlah kurang lebih 10.000 buruh.

Polda Metro Jaya mengimbau warga DKI Jakarta supaya menghindari Bundaran Hotel Indonesia di ruas Jalan MH Thamrin dan kawasan Monas, Jakarta Pusat.

(pnj-7/sir)