Friday, 23 August 2019

Nama Capim KPK yang Jadi Tersangka Korupsi Batal Diumumkan

Senin, 31 Agustus 2015 — 20:06 WIB

JAKARTA (Pos Kota) – Direktur Tindak Pidana Ekonomi Khusus (Dirtipideksus) Bareskrim Mabes Polri, batal mengumumkan tersangka korupsi yang sekarang masuk jadi calon pimpinan KPK dengan alasan tidak boleh dan melanggar hukum.

“Jadi ini harus diluruskan, mengumumkan tersangka itu tidak boleh. Itu melanggar hukum. Jadi sampai kapanpun nggak akan pernah saya umumkan nama tersangka,” kata Victor di Mabes Polri  Senin (31/8). Ia juga menambahkan kasus capim tersebut sangat sensitif.

Sebelumnya pihaknya berjanji merilis nama capim tersangka pada Senin. “Saya janji hari Senin (31/8) sore saya rilis,” kata Victor pada Sabtu (29/8).

Namun Kapolri Jenderal Badrodin Haiti, kemudian menegur Kabareskrim Komjen Budi Waseso, lantaran telah berucap ada capim KPK yang ditetapkan sebagai tersangka kepada media massa.

Menurut Kapolri, hasil rekam jejak  capim termasuk temuan capim tersangka seharusnya tidak menjadi konsumsi publik, melainkan hanya untuk internal Pansel KPK saja sebagai pertimbangan penilaian. Pada Jumat (28/8), Kabareskrim Komjen Budi Waseso mengatakan ada salah seorang capim KPK yang menjadi tersangka karena terlibat suatu kasus. Capim tersebut diketahui merupakan salah seorang dari 19 nama capim yang lolos seleksi capim KPK tahap tiga. (adji)