Tuesday, 20 November 2018

Kasal Pimpin Sertijab Kobangdikal

Selasa, 1 September 2015 — 10:33 WIB

SURABAYA (Pos Kota) – Jabatan Komandan Komando Pengembangan Pendidikan Angkatan Laut (Dankobangdikal) diserahterimakan dari Laksamana Muda TNI Ary Atmaja, S.E. kepada penggantinya Laksamana Muda TNI Tri Wahyudi Sukarno, S.E., M.M. Upacara berlangsung Selasa (1/9) di lapangan Laut Maluku, Kesatrian Bumimoro, Kobangdikal, Surabaya.

Bertindak selaku inspektur upacara Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Ade Supandi, S.E., M.A.P..

Pejabat lama, Laksamana Muda TNI Ary Atmaja, S.E., memegang tampuk pimpinan di lembaga pendidikan selama sebelas bulan, lima hari. Selanjutnya Pati TNI AL kelahiran Denpasar 22 Maret 1960 ini meduduki jabatan baru sebagai Staf Khusus Kasal.

Sementara itu, Laksamana Muda TNI Tri Wahyudi Sukarno, S.E., M.M., sebelum dilantik menjadi Dankobangdikal menempati jabatan Sesmilpres Kemsetneg RI.

Masa pengabdian pria kelahiran Malang, Jawa Timur ini sebagian besar tercurah di jajaran Armada, baik di jajaran Komando Armada RI Kawasan Timur maupun Barat.

Setelah menamatkan pendidikan militer di AAL (Angkatan ke-31) tahun 1986 dengan pangkat letnan dua, pria kelahiran 19 Januari 1963 ini mengawali masa pengabdiannya di KRI Mandau-621 Satuan Kapal Cepat Koarmatim (1986), selanjutnya Kadep Senbah
dan Kadep Ops KRI Singa (1994), Palaksa KRI Badik-623 (1995), Pabanda Yawanda Spers Mabes ABRI (1996), Komandan KRI IBL-383 Satkor Koarmabar (1999), Pabandya Rahgunkuat Sops Mabes TNI (2011), Danguspurla Koarmabar (2012), Kadisminpersal (2013), Sesmilpres Kemsesneg (2014). Selanjutnya berdasarkan Surat Keputusan Panglima TNI No Kep/593/VII/2015 mendapatkan amanah untuk mengemban tugas sebagai Komandan Kobangdikal.

Pendidikan militer yang telah diselesaikan oleh suami dari Ny. Adik Wuri Hermawati ini, antara lain, Suspaja (1986), Sus Protis 1989), Diklapa-I/Artileri angkatan ke-5 (1992), Diklapa-II/Koum angkatan ke-8 (1995), Sus PBU Athan angkatan ke-8 (1998), Seskoal angkatan ke-39 (2001), dan Dikreg Sesko TNI angkatan ke-37 (2010).

Sebagai wujud penghargaan negara atas darma baktinya selama 29 tahun pada nusa dan bangsa, ayahanda dari Salsabil Herdiati dan Muhammad T. ini dianugerahi beberapa tanda jasa, antara lain, Bintang Yudha Dharma Nararya, Bintang Jalasena Nararya, Satya Lencana Bhakti, Satya Lencana Kesetiaan VIII, Satya Lencana Kesetiaan XVI, Satya Lencana Kesetiaan XXIV, Satya Lencana Dwidya Sistha, Satya Lencana Kebaktian Sosial, dan Satya Lencana Wira Siaga, Satya Lencana Wira Dharma, Satya Lencana Wira Nusa dan Satya Lencana Dharma Nusa.

Dalam amanatnya, Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Ade Supandi, S.E., M.A.P. menyampaikan bahwa jabatan Komandan Kobangdikal merupakan jabatan yang penting. Hal ini berkaitan dengan tugas mulia yang diemban Kobangdikal  dalam menyelenggarakan pendidikan formal TNI Angkatan Laut, yang meliputi pendidikan pertama, pendidikan pembentukan, pengembangan umum, pengembangan spesialisasi, serta pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi.

Disamping itu, Kobangdikal juga bertugas melaksanakan pengkajian dan pengembangan doktrin operasi laut dan doktrin operasi amfibi tingkat taktik, serta pengkajian dan pengembangan dukungan umum operasi laut dan operasi amfibi tingkat taktik.

“Oleh karenanya, pejabat Komandan Kobangdikal telah dipilih secara selektif dan terhormat, dan merupakan perwira-perwira tinggi pilihan, yang dipercaya oleh negara untuk mengemban amanat ini,” tegas Kasal.

Hadir pada upacara yang berlangsung khidmat tersebut Gubernur Jawa Timur Dr.H. Soekarwo, Pangdam V Brawijaya Mayjen TNI Sumardi, Kapolda Jatim Irjen Pol Anas Yusuf beserta anggota Forum Koordinasi Pimpinan Daerah Provinsi Jawa Timur, para  Pejabat Utama Mabesal, Pemimpin Kotama TNI Angkatan Laut, Ketua Umum Jalasenastri Ny. Endah Ade Supandi, dan undangan lainnya.

Upacara yang diikuti oleh 1.565 prajurit siswa dan anggota tetap Kobangdikal tersebut terasa lebih semarak dengan tampilnya orkes simponi yang diperagakan oleh 75 personel dari Satuan Musik Kobangdikal.
(dispenal/sir)