Saturday, 17 November 2018

Prajurit Yonif 321 Kostrad Latihan Mobud

Selasa, 1 September 2015 — 10:24 WIB

SEMARANG (Pos Kota) – Bertempat di lapangan Kartika yang berada di kawasan Pusat Pendidikan Infanteri, Cipatat Jawa Barat, Selasa (1/9), kompi latihan A Yonif 321 Kostrad berjumlah 126 pelaku dipimpin oleh Komandan Batalyon Infanteri 321/GT/1/Kostrad, Letkol Inf Rama Pratama dan Letda Inf Nalim.W,  selaku Koordinator latihan mobud, melaksanakan satu materi pelajaran selama latihan pembentukan Raider yonif 321/Galuh Taruna/Kostrad.

Latihan Mobud menggunakan Helly jenis Bell oleh Penerbad Sekadron Udara 21 Semarang.

Operasi mobud ini terdiri dari beberapa fase yaitu fase persiapan, fase pemuatan, fase pemindahan udara, fase pendaratan dan sasaran. Karena beberapa operasi yang dapat dilaksanakan yaitu aksi penyergapan dan pengejaran yang tentunya tidak dapat dijangkau oleh pasukan melewati darat.

Latihan mobud tersebut bertujuan untuk mengenalkan mereka tentang tehnik turun dari helly dengan perlengkapan, diantaranya repling, pasroping, free drop serta melatihkan prajurit untuk bergerak cepat, senyap dan tepat didalam pelaksanaan tugas infiltrasi ke daerah musuh. Karena mobud sendiri wajib dikuasai oleh seluruh prajurit raider.

Pelatih menekankan, agar dalam latihan ini dilaksanakan dengan sungguh-sungguh, perhatikan faktor keamanan dan keselamatan .

(pen-kostrad/sir)