Sunday, 23 September 2018

Prospek Bisnis Hewan Kesayangan dan Perlengkapannya Cerah

Sabtu, 5 September 2015 — 14:42 WIB
Foto-Pecinta hewan kesayangan memperlihatkan koleksinya

Foto-Pecinta hewan kesayangan memperlihatkan koleksinya

JAKARTA (Pos Kota)-Seiring meningkatnya kesejahteraan  masyarakat maka prospek bisnis hewan kesayangan (pet animals) beserta kelengkapannya semakin membaik. Situasi demikian mendorong perkembangan layanan professional, permintaan kelengkapan kebutuhan para pemilik hewan kesayangan, serta aspek bisnis dan ketenagakerjaannya juga mengalami pertumbuhan.

“Indonesiapun mulai dipandang sebagai pasar masa depan yang potensial dan besar bagi banyak negara,” kata Ketua Umum Pengurus Besar Perhimpunan Dokter Hewan Indonesia (PDHI) Heru Setyanto dalam penjelasan pelaksanaan Indo Pet Expo 2015 di Indonesia Convention Exibition (ICE) BSD, Serpong, kemarin.

Berbagai event internasional yang berfokus pada hewan kesayangan (Pet Animals) di berbagai negara mulai memperhitungkan Indonesia. PDHI memandang tahun 2015 sebagai waktu yang tepat untuk Indonesia mengadakan Indo Pet Expo dimana hal yang sama banyak dilakukan di berbagai negara, termasuk Asean.

Hewan kesayangan adalah makhluk ciptaan Tuhan yang memerlukan perhatian khusus. Bilamana penanganannya kurang baik maka risiko munculnya penyakit yang bisa memusnahkan hewan tersebut serta hewan lainnya. Penyakit seperti rabies, flu burung harus diantisipasi penyebarannya.

Sementara itu Ketua Panitia Pelaksana Indo Pet Expo 2015 Wiwiek Bagja mengatakan, saat ini minat masyarakat memelihara hewan kesayangan (pet animals) di kota besar seperti Jabodetabek sangat tinggi. Selain hewan yang umum seperti kucing dan anjing banyak hewan eksotik lain mereka pelihara seperti ular, kelinci, iguana, sugar glider, burung langka, ikan hias, kuda, serta banyak lagi yang lainnya. (faisal/yo)