Friday, 24 November 2017

Jelang Idul Adha, Harga Sapi Mulai Naik

Senin, 7 September 2015 — 12:47 WIB

SURABAYA (Pos Kota)-Menjelang datangnya hari raya Idul Adha 1436 hijriyah atau hari raya kurban, sejumlah warga masyarakat sudah mulai mencari hewan sapi maupun kambing.

Hal itu membuat harga sapi di Kabupaten Tuban Jawa Timur sudah mulai naik dibandingkan dengan bulan-bulan sebelumnya. Tak hanya sapi, harga kambing pun yang sudah siap untuk dijadikan kurban juga sudah mengalami kenaikan harganya.
Seperti halnya yang diungkapkan oleh para penjual sapi kurban yang ada di Kabupaten Tuban, sejauh ini sudah banyak warga yang sudah memesan Sapi untuk dijadikan kurban. Sehingga kenaikan hewan kurban itu sudah tidak bisa terhindarkan lagi.
“Saat ini yang sudah indent banyak mas, dan kenaikan harga tidak dapat dihindarkan hingga hari-hari menjelang hari raya kurban ini,” terang Miftah, salah satu penjual Hewan Kurban yang ada di Kabupaten Tuban.

Miftah menjelaskan, untuk harga satu ekor sapi kualitas bagus yang sudah siap untuk dijadikan kurban saat ini harganya mencapai Rp 21 juta setiap ekor dengan berat sekitar 380 kilogram. Sedangkan untuk kelas paling rendah harga hewan kurban tersebut mencapai kisaran Rp 17 juta per ekor dengan berat dibawah 340 kilogram.

“Ini untuk sapi yang siap kurban harganya sudah mengalami kenaikan rata-rata dua juta rupiah. Kemungkinan harga itu masih bisa mengalami kenaikan lagi,” lanjut Miftah.

Tak hanya sapi, harga kambing untuk kurban juga ikut mengalami kenaikan sejak sekitar satu minggu terakhir. Kenaikan harga kambing itu bervariasi mulai dari Rp 200.000 sampai dengan Rp 500.000 melihat kondisi besar atau kecilnya hewan yang akan dijadikan sebagai kurban.

Sementara itu, salah satu warga yang sedang mencari hewan kurban mengaku harus berhati-hati dan kaget saat membeli hewan kurban. Pasalnya kenaikan harga hewan kurban tahun ini lebih tinggi dibandingkan dengan kondisi menjelang Idul Adha tahun lalu.

“Kita sedikit berhati-hati dalam membeli hewan kurban, agar memperoleh hewan yang bagus dan harga tidak terlalu tinggi. Ini kenaikannya lebih banyak dibandingkan tahun lalu,” jelas Yanto, salah satu warga yang akan membeli hewan kurban.
(nurqomar/sir)