Friday, 20 September 2019

Meski Kemarau Panjang Petani Masih Bisa Panen Padi

Sabtu, 12 September 2015 — 19:38 WIB
Bupati Hj.Anna Sophanah bersama petani panen padi

Bupati Hj.Anna Sophanah bersama petani panen padi

INDRAMAYU (Pos Kota) –Walaupun  sudah tiga bulan tidak pernah diguyur air hujan pada musim kemarau yang berkepanjangan ini,  namun  petani padi di Desa Jayalaksana, Kecamatan Kedokanbunder, Kabupaten Indramayu,  Jabar, Sabtu (12/9) akhirnya bisa memanen pada musim tanam gadu.

Sebagai bentuk syukur kepada Yang Maha Kuasa karena tanaman padinya dapat dipanen pada musim kemarau,  petani  mengundang Bupati Hj.Anna Sophanah, anggota DPRD Jabar Drs.H.Abdul Rozaq Muslim, SE., M.Si, Kadistanak Ir.H.Firman Muntako dan Kabid Tanaman Pangan Ir.H.Takmid beserta jajarannya serta Muspika Kedokanbunder dan  Camat Kedokanbunder H.Suratno, S.Ag memanen padi di areal pesawahan  milik anggota Kelompok Tani (Poktan) “Sri Rezeki”.

Bupati Indramayu di hadapan masyarakat dan anggota Poktan “Sri Rejeki”  yang diketuai Sutana mengharapkan agar   petani tidak putus asa menghadapi  musim kemarau panjang. “Para petani harus ulet dan terus bekerja  agar sawah yang digarapnya tiap tahun dapat dipanen. Dan alhamdulillah pada hari ini tanaman padi milik para petani itu dapat dipanen,” ujar bupati.

Usai memberikan sambutan di hadapan ratusan petani, Bupati Indramayu Hj.Anna Sophanah, anggota DPRD Provinsi Jabar Drs.H.Abdul Rozaq Muslim, SE., M.Si, Kadistanak Indramayu Ir.H.Firman Muntako, M.Si memanen padi di hamparan pesawahan milik anggota Kelompok Tani “Sri Rezeki”.

Ketua Poktan “Sri Rejeki” Sutana mengemukakan, dalam kondisi cuaca normal alias tidak terjadi kemarau panjang,  tanaman padi di Desa Jayalaksana  biasanya menghasilkan gabah 7 ton Gabah Kering Panen (GKP) per hektar. Tapi kini berhubung tanaman padi dilanda musim kemarau panjang, hasil panen padi petani itu menurun menjadi hanya 5 ton per hektar. “Tapi walaupun hasil panennya menurun, petani harus tetap bersyukur,  karena di daerah lain banyak tanaman padi yang gagal dipanen,” katanya. (taryani)