Friday, 20 September 2019

Tempat Penampungan Sampah Bantar Gebang Terbakar

Sabtu, 12 September 2015 — 6:39 WIB
Ilustrasi

Ilustrasi

BEKASI (Pos Kota)-Hingga Sabtu (12/9) pagi, api masih terlihat di dua  zona Tempat Pembuangan Sampah Terakhir (TPST) Bantargebang.
“Kami kesulitan memadamkan api, karena letaknya di atas dan gunung sampah labil,” ujar Dasmun, anggota Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Bekasi. Menurut dia api merembet terus karena ada uap gas yang ke luar dari tumpukan sampah.

Kebakaran di TPST Bantargebang itu berada di zona tiga dan empat yang dilalap api tersebut, “Api terlihat Jumat sore sekitar pukul 14:30,” ujar Dodi, 35, satu pemulung di sana.

Ia menyebut kebakaran kali ini sebagai yang terbesar di TPST Bantargebang. Estimasi luas area yang terbakar, menurut Edi, sekitar 50 hektare.

Sudah belasan mobil pemadam kebakaran Kota Bekasi dikerahkan, namun hingga kini api masih terlihat.

Hingga Sabtu pagi api masih belum bisa padam seluruhnya dikarenakan angin kencang yang membuat tim damkar kesulitan menjinakkan api. Selain itu, yang terbakar adalah tumpukan sampah.

Masih belum dipastikan apa penyebab kebakaran. Diduga kebakaran terjadi karena adanya gas metan dari sampah yang teronggok yang bereaksi dengan suhu panas musim kemarau. (Saban)