Tuesday, 23 October 2018

Sore Ini Sidang Itsbat Penentuan Idul Adha

Minggu, 13 September 2015 — 14:08 WIB
Foto- istimewa

Foto- istimewa

JAKARTA (Pos Kota) – Kementerian Agama RI bersama pimpinan Ormas Islam, Insya Allah, Minggu (13/9/2015) sore ini menggelar sidang itsbat (penentuan) awal bulan Zulhijjah 1436 Hijriyah. Sidang akan berlangsung di gedung Kementerian Jalan MH Thamrin, Jakarta Pusat.

Wakil Ketua Badan Hisab dan Rukyat Pengurus Besar Al Jam`iyatul Washliyah (PB Al Washliyah), Drs.H.Hamim Azizy MA, ketika dihubungi membenarkan bahwa hari ini, Minggu (13/9/2015) dilangsungkan sidang itsbat di Kantor Kementerian Agama. Al Washliyah sebagai Ormas Islam terbesar ketiga, juga diundang sebagai peserta sidang sebagai mana pada tahun-tahun sebelumnya.

“Ketua Badan Hisab dan Rukyat PB Al Washliyah, Drs.H.Arso MA akan menghadiri sidang istbat di Jakarta. Beliau sudah berangkat dari Medan ke Jakarta,” kata Hamim Azizy, usai rapat penentuan tanggal hijriyah Al Washliyah di Kota Medan, Sumatera Utara.

Dalam penghitungan Badan Hisab dan Rukyat, 1 Zulhijjah akan jatuh pada Selasa (15/9/2015). Dengan demikian, Idul Adha atau 10 Zulhijjah akan jatuh pada hari Kamis (24/9/2015).  Walau demikian,  Al Washliyah tidak mau egois untuk  memaksakan hisab (hitungannya). Namun akan tunduk kepada keputusan peserta rapat demi menjaga dan mengedepankan  ukhwah Islamiyah.

Sebagai mana dimaklumi, sidang istbat diawali dengan paparan posisi hilal dan konsolidasi pemantauan hilal dari tim Hisab Rukyat Kemenag. Selepas Maghrib maka agenda utama sidang istbat adalah penetapan 1 Zulhijjah yang dihadiri oleh pimpinan Ormas Islam, ulama dan ilmuan Islam, serta beberapa utusan Kedutaan Besar negara sahabat. Sidang ini digelar tertutup untuk pers.

Sebelumnya, Muhammadiyah sudah mengeluarkan maklumat hari raya Idul Adha 1436 Hijriah jatuh pada hari Rabu tanggal 23 September 2015. Sekretaris Umum (Sekum) Muhammadiyah Abdul Mu’ti menerangkan penetapan itu didasarkan pada penghitungan hisab hakiki wujudul hilal.
(*/sir)