Saturday, 22 September 2018

Pemprov DKI-Polisi Bentuk Satgas Tatib Lantas

Senin, 14 September 2015 — 11:31 WIB

JAKARTA (Pos Kota) – Penanganan kemacetan terus dilakukan Pemprov DKI Jakarta bersama kepolisian. Selain pembangunan infrastruktur dan penyediaan angkutan umum, koordinasi dilakukan dalam penyediaan sumber daya manusia.

Salah satunya dengan Satuan Petugas Ketentraman dan Ketertiban (Satgas Tatib) lalu lintas yang berjumlah 100 personel. Pasukan ini nantinya bertugas menindak berbagai pelanggaran lalu lintas.

Kepala Dinas Perhubungan dan Transportasi (Dihubtrans) DKI, Andri Yansyah menjelaskan, 100 orang personel Satgas Tatib ini merupakan petugas gabungan yang terdiri dari 25 petugas Direktorat Lalu Lintas (Ditlantas) Polda Metro Jaya, 25 petugas Satpol PP dan 50 personel Dishubtrans DKI.

“Fungsinya yang pertama untuk menindak segala macam pelanggaran lalu lintas seperti angkutan ngetem, parkir liar dan kendaraan lawan arus,” kata Andri di Balaikota, Senin (14/9).

Andri menambahkan, 100 orang petugas Satgas Tatib ini setiap harinya bertugas memonitor dan menindaklanjuti berbagai macam persoalan lalu lintas di Ibukota. Khusus pada hari Minggu, para personel Satgas Tatib akan diploting di sejumlah titik yang dianggap rawan pelanggaran lalu lintas.

“Tugas Satgas Tatib sama seperti Tim Reaksi Cepat dalam penanganan lalu lintas, baik hasil temuan maupun laporan dari masyarakat,” tukasnya.

(guruh/sir)