Tuesday, 24 April 2018

Preman Sebulan Raup Rp 24 Juta dari Parkir Kontener di Taman BMW

Rabu, 16 September 2015 — 7:12 WIB
Banyak kontener parkir seenaknya di Jakarta Utara dan berulang kali ditindak petugas

Banyak kontener parkir seenaknya di Jakarta Utara dan berulang kali ditindak petugas

JAKARTA (Pos Kota) – Puluhan kontener terparkir di lahan Taman BMW. Uang sebesar Rp24 juta setiap bulannya  dari hasil penyewaan lahan parkir tersebut diraup preman.

Hal tersebut diungkapkan Kepala Dinas Perhubungan dan Transportasi (Dishubtrans) DKI, Andri Yansyah usai meninjau lahan yang sedianya akan dibangun stadion bertaraf internasional tersebut.

“Saya sudah bertemu dengan supir-supir kontener yang parkir di lahan itu. Jumlahnya mencapai 60 kontener yang parkir,” ujar Andri Yansyah, Selasa (15/9).  Setiap supir membayar Rp400 ribu untuk sebulan. Jadi jika ditotal ada uang Rp24 juta setiap bulannya masuk ke oknum preman disitu.

Bukan hanya menemui supir, Andri Yansyahpun mengaku telah mencari informasi oknum preman tersebut. “Dari informasi yang saya dapat mereka bayar sewa parkir kontener ke sebuah perusahaan.

Tidak cuma kontener, di lahan seluas 26,5 hektare ini juga terdapat ratusan gubuk-gubuk liar dan pengepul barang rongsokan.

Dengan kompleksitas sosial yang begitu komplit, Andri Yansyahpun mengatakan bahwa penertiban di lahan Taman BMW harus dilakukan secara terpadu. Bersama aparat lainnya. Seperti Satpol PP DKI misalnya.

“Kalau cuma kontainernya aja, atau kaki lima saja, tanggung. Harus semua, seperti yang kita lakukan di Jalan Cengkeh, Kawasan Kota Tua. Gubuk liarnya dihantem, rongsokannya dihantem‎, kontainernya juga kita hantem,” tegasnya.

Sebelumnya Gubernur DKI, Ahok menginstruksikan aparatnya untuk segera membersihkan lahan Taman BMW.  Menyusul akan dimulainya pembangunan stadion di atas tanah seluas 26,5 hektare tersebut.
Perintah tersebut dikeluarkan orang nomor satu di ibukota ini karena lahan Taman BMW telah dipenuhi gubuk-gubuk liar dan tempat parkir kontener.

“‎‎Saya minta Walikota tertibkan bangunan liar di lahan Taman BMW, Pak Kukuh (Kasatpol PP DKI, red) harus back up,” kata Ahok.

Adapun data yang dihimpun sebanyak 141 bangun berdiri dengan jumlah sebanyak 300 juwa bermukin di lahan yang sedianya akan dibangun sebagai stadion olah raga ini. Sedangkan untuk kontene, setiap harinya terdapat 50 sampai 50 unit terparkir di tempat itu.(guruh)