Thursday, 20 September 2018

Pendukung Sebut ‘Obama adalah Islam’ Donald Trump Dikecam

Jumat, 18 September 2015 — 20:06 WIB
Donald Trump calon Presiden AS dari Partai Republik di tengah pendukungnya (reuters)

Donald Trump calon Presiden AS dari Partai Republik di tengah pendukungnya (reuters)

NEW HAMPSIRE – Donald Trump mendapat kecaman karena tidak meluruskan komentar seorang pendukungnya yang mengatakan Presiden Barack Obama adalah Islam dan ‘bahkan bukan orang Amerika’.

Pria dari Partai Republik tersebut berupaya tertawa ketika seorang pendukung mengatakan: “Kami punya masalah di negara ini, namanya Islam.”

Komentar tersebut disampaikan saat pawai untuk Trump yang mengajukan diri sebagai bakal calon presiden Partai Republik di Rochester New Hampsire.

Saat itu seorang pendukung Trump mengatakan, “Kita punya masalah di negara ini, namanya Islam. Kita tahu presiden kita adalah salah satunya. Dan Anda tahu , bahwa dia itu bahkan bukan orang Amerika.”

“Kita butuh pertanyaan ini?,” tanggap Trump tertawa.

“Betapapun,” tambah pria itu, “Banyak sekali kamp pelatihan yang berkembang di sini, tempat mereka ingin membunuh kita. Pertanyaan saya adalah: Kapan kita bisa bisa menyingkirkan mereka?”

Trump tidak meluruskan bahwa Obama adalah warga Amerika yang beragama Kristen dan sebaliknya menjawab, ‘banyak hal yang buruk terjadi,’ dan dia akan memeriksanya.

Bakal calon presiden unggulan dari Partai Demokrat, Hillary Clinton, mengatakan tidak adanya kecaman dari Trump atas “retorika kebencian” tersebut “mencemaskan, dan sungguh salah”. (BBC)