Saturday, 24 August 2019

Jakarta Utara Apakah Layak Jadi Kota Sehat?

Senin, 21 September 2015 — 16:51 WIB
Askesmas mendampingi tim penilaian kota sehat saat melakukan penilaian disalah satu lokasi penilaian. (wandi)

Askesmas mendampingi tim penilaian kota sehat saat melakukan penilaian disalah satu lokasi penilaian. (wandi)

TANJUNG PRIOK (Pos Kota) – Tim penilai Kota Sehat Tingkat Nasional kunjungi sejumlah lokasi di wilayah Jakarta Utara, Senin (21/9). Pemantauan ini dilakukan untuk memastikan apakah Jakarta Utara berhak mendapat gelar kota sehat atau tidak.

Dalam kunjungi tim verifikasi ini diterima langsung oleh Asisten Kesejahteraan Rakyat Jakarta Utara, Muhammad Effiskal dan Ketua Maspedling Jakarta Utara, Yan Kartasasmita. Keduanya mengajak tim penilai ke sejumlah lokasi yang diperlombakan.

“Penilaian ini akan dilakukan selama dua hari, tim penilai akan keliling meninjau lokasi penilaian. Kami berharap harapkan bisa berjalan lancar dan Jakut bisa meraih predikat Swasti Saba Wistara,” ujar Askesmas Muhammad Effiscal.

Kunjungan hari pertama, kata Asisten tim penilai berkunjung ke RW 04 Sungai Bambu, RPTRA Sungai Bambu, PT Astra Autopart Pegangsaan Dua, Jakarta Islamic Center, Sekretariat Kecamatan Koja, Sekretariat Pokja Kelurahan Rorotan dan Gapoktan Kelurahan Rorotan.

Sedangkan hari kedua direncanakan  mengunjungi  RW 01, RW 05 Kelurahan Sunter Jaya, Pasar Sunter Kirana, Taman Impian Jaya Ancol, Indofood Sukses Makmur dan Taman Wisata Angke Kapuk.

di

Untuk menggapai predikat Swasti Saba Wistara, Pemkot Jakarta Utara saat ini sudah mempersiapkan 9 tatanan kriteria penilaian. Kesembilan itu  diantaranya tatanan pemukiman sarana dan prasarana umum sehat, kawasan sarana lalu lintas tertib dan pelayanan transportasi, dan kawasan pariwisata sehat.

Selanjutnya, kawasan industri dan perkantoran sehat, kawasan pertambangan sehat, kawasan hutan sehat, ketahanan pangan dan gizi, kehidupan masyarakat sehat yang mandiri dan kehidupan sosial yang sehat.

Tim penilai dipimpin Eko Budi Yuniastito mengaku sangat bangga dengan apa yang dilakukan masyarakat Jakarta Utara. Sebab wilayah yang berada dipesisir utara Jakarta ini kepedulian terhadap lingkungan sudah tumbuh.

“Saya melihat masyarakat terhadap kepedulian lingkungan sudah mulai tumbuh dan berkembang,”terangnya. (wandi)