Sunday, 25 June 2017

Belasan Kali Curi Motor, 3 Bandit Jalanan Dibedil

Jumat, 25 September 2015 — 14:20 WIB
*Illustrasi

*Illustrasi

SERANG (Pos Kota) – Tiga tersangka pencurian kendaraan bermotor (curanmor) diringkus petugas Unit III Satuan Reserse Kriminal (Sat Reskrim) Polres Serang. Karena melakukan perlawanan, ketiga tersangka bandit jalanan ini terpaksa ditembak.

Ketiga tersangka itu, Dimyati alias Mop. warga Ds Tejamari, Kec. Baros, Kab. Serang, Kamsin alias Damsek dan Herman alias Ompong, keduanya warga Ds Sindangheula, Kec. Pabuaran, Kab. Serang.

“Ketiga pelaku sudah belasan kali melakukan aksinya di tiga wilayah seperti Kota Cilegon, Kabupaten Tangerang dan Kabupaten Serang,” Ketua Tim (Katim) Curanmor Unit III Sat Reskrim Polres Serang, Aiptu Ronald Pardede, kepada wartawan, Jumat (25/9).

Dikatakannya, selama tiga bulan melakukan aksinya, ketiga pelaku berhasil menggasak sepeda motor tidak kurang dari 16 unit. Delapan dari wilayah Serang, empat dari Kota Cilegon, dan empat dari Kabupaten Tangerang. Sasaran kawanan ini biasanya motor yang sedang terparkir di kosan dan tempat hiburan. “Yang di Kota Cilegon itu di Hotel Regent,” ujar Aiptu Ronald.

Mula penangkapan, kata Aiptu Ronald, pada Kamis 17 September 2015, ketiga tersangka usai mengunjungi salah satu tempat hiburan di Jakarta menggunakan mobil sewaan, sekira pukul 04.00 dini hari. Tepat di daerah Tambak, ketiganya keluar tol dan mulai menyisir lokasi rumah kos di daerah Pos Tambak, Kec. Kibin, Kab. Serang.

Memulai aksinya, salah satu pelaku Kamsin alias Damsek turun dari mobil sewaan dan langsung menggasak Yamaha Mio Soul warna putih yang sedang terparkir di depan rumah kos. Sementara dua pelaku lain mengawasi jalannya “operasi” dari dalam mobil. Dengan mudah Kamsin pun membawa kabur motor hasil curian tersebut.

Baru melewati kawasan Kibin, kendaraan diambil alih oleh Dimyati dan dijual kepada seorang penadah HM di Sindang Hayu, Cadasari, Pandeglang seharga Rp1,8 juta. Hasil kejahatan dibagi tiga setelah dipotong Rp300 ribu untuk sewa mobil.

Tim Curanmor Sat Reskrim Polres Serang yang menerima laporan segera bergerak mencari identitas pelaku. Upaya pencarian berhasil dan berhasil mengendus keberadaan pelaku dan menangkap ketiga tersangka dilokasi berbeda. Kamsin dan Herman ditangkap di Pabuaran, sementara Dimyati ditangkap di Baros, Kabupaten Serang. Ketiganya terpaksa dilumpuhkan dengan timah panas milik petugas karena berusaha kabur saat akan diamankan petugas.

Petugas yang melakukan pengembangan, belum berhasil mengamankan HM karena kabur. Petugas hanya mengamankan barang bukti berupa motor hasil curian dan sebuah kuncil leter T dari rumah HM.

Dikonfirmasi wartawan, Kasat Reskrim Polres Serang AKP Arrizal Samelino membenarkan penangkapan ini.

(haryono/sir)