Tuesday, 25 September 2018

Atasi Stok Darah

PMI Bakal Roadshow ke Sekolah dan Kampus

Minggu, 27 September 2015 — 15:22 WIB
*Illustrasi

*Illustrasi

SUKABUMI (Pos Kota) – PMI Kota Sukabumi bakal menggelar roadshow sosialisasi donor darah ke beberapa sekolah dan kampus. Langka jemput bola alias turun langsung itu untuk mengantipasi stok darah. Rencananya, roadshow tersebut akan mulai digelar awal Oktober mendatang.

Berdasarkan data unit tranfusi darah (UTD) PMI Kota Sukabumi, dari sekitar 1.500 kebutuhan kantong darah per bulan, baru mampu menyediakan sekitar 600 sampai 700 kantong darah.

Direktur UTD PMI Kota Sukabumi, Nurlaela Arsyad mengatakan, kegiatan jemput bola untuk mendapatkan darah. Dengan langkah itu, Nurlaela optimis
kegiatan tersebut mampu menekan kekurangan darah hingga 60 persen. “Kegiatan jemput bola akan selalu kami lakukan,” katanya, Minggu (27/9).

Untuk memotivasi masyarakat agar mendonorkan darahnya, PMI melakukan sosialisasi tidak terbatas hanya di instansi, lembaga dan kelompok masyarakat saja. Masjid, gereja, wihara, pusat pemerintahan dan sekolah juga menjadi tujuan PMI.

“PMI saat ini terus gencar lakukan sosialisasi dan mendorong kegiatan donor darah di sekolah maupun kampus yang ada di kota Sukabumi. Karena dilembaga pendidikan tersebut memiliki potensi pendonor yang cukup banyak jika dilakukan dengan rutin,” jelasnya.

Ketua PMI Kota Sukabumi, Suranto Sumowiryo menambahkan, kegiatan sosialisasi donor darah disekolah dan kampus ini akan dimulai pada awal oktober mendatang. Ada sekitar 20 sekolah tingkat SMA sederajat dan 13 kampus yang akan menjadi sasaran sosialisasi donor darah.

“Kami sedang membuat agenda untuk road show ke sekolah dan kampus yang ada di kota Sukabumi. Dengan harapan ini dapat membantu buffer stok darah yang ada di UTD PMI Kota Sukabumi, yang saat ini hampir 60% masih droping dari luar Kota Sukabumi,” tandasnya.

(sule/sir)