Tuesday, 12 December 2017

Warga Jatisawit Lor Lestarikan Adat Unjungan

Minggu, 27 September 2015 — 10:28 WIB

INDRAMAYU (Pos Kota) – Menjelang masa dimulainya tanam padi, masyarakat Desa Jatisawit Lor, Kecamatan Jatibarang, Kab.Indrfamayu, Jabar menggelar upacara adat unjungan.

Kegiatan itu menarik perhatian ratusan, bahkan ribuan warga sekitar yang berdatangan ke komplek pemakaman leluhur sambil membawa nasi tumpeng dengan aneka lauk, buah-buahan dan minuman ringan.

Unjungan di Desa Jatisawit Lor dilaksanakan di Komplek Pemakaman Leluhur Blok Pertamina Desa Jatisawit Lor. Masyarakat Desa Jatisawit Lor dari mulai anak-anak, remaja, hingga para orang tua berkumpul ke lokasi upacara adat. mereka ikut berdo’a bersama yang dipimpin sesepuh masyarakat Desa Jatisawit Lor. Dan klimaknya, ratusan masyarakat bersama para Kepala Desa dan camat Jatibarang Dadi Darpadi ramai-ramai menyantap hidangan yang dibawa masyarakat.

Ibu-ibu yang sungkan atau enggan makan bareng bersama kaum laki-laki di lokasi upacara membawa pulang makanan itu ke rumah untuk disantap bersama keluarga. Penyelenggaraan upacara adat munjungan itu merupakan bentuk pelestarian tradisi masyarakat warisan nenek moyang.

“Setiap tahun upacara adat unjungan ini wajib dilaksanakan. Kalau tidak dilaksanakan, maka para tokoh masyarakat dan pemangku adat akan memprotes Pemerintah Desa,” kata Tarno, 42, warga Desa Jatisawit Lor kepada Pos Kota.

Seperti biasa dalam setiap penyelenggaraan upacara adat unjungan panitia unjungan dan Pemerintah Desa Jatisawit Lor sengaja menggelar hiburan tradisional berupa pagelaran wayang kulit semalam suntuk “Langen Budaya” dari Desa Lohbener, Kecamatan Lohbener, Indramayu, Jabar.

Unjungan di Desa Jatisawit Lor nampak meriah karena dihadiri para kuwu atau Kades se-Wilayah Kecamatan Jatibarang, termasuk Camat Jatibarang Dadi Darpadi dan salah seorang anggota DPRD Kabupaten Indramayu H. Muhaimin yang terlihat akrab membaur bersama masyarakat.

Pada akhir acara adat itu Anggota DPRD Kabupaten Indramayu H. Muhaimin sempat memberikan bantuan uang kepada panitia unjungan Desa Jatisawit Lor. Sumbangan itu sebagai bentuk kepedulian seorang Wakil Rakyat kepada panitia unjungan yang dengan setia berupaya melestarikan upaacara adat unjungan.

Ketua Panitia Unjungan Desa Jatisawit Lor Dursam dihubungi Pos Kota di lokasi upacara adat unjungan menyatakan terbantu dengan adanya bantuan dari Anggota DPRD Kabupaten Indramayu H.Muhaimin itu.

(taryani/sir)