Wednesday, 19 September 2018

Rumah Tempat Pengoplosan Gas Digrebek Polisi

Rabu, 30 September 2015 — 20:54 WIB
Tabung gas 3 Kg  yang disita polisi

Tabung gas 3 Kg yang disita polisi

MEDAN (Pos Kota)- Personil Polda Sumatera Utara menggerebek rumah tempat pengoplosan gas bersubsidi ukuran 3 Kg di Jalan Semenanjung Raya, Dusun IX, Kampung Tanjung Mulia, Kecamatan Percut Sei Tuan, Deliserdang, Sumut, Rabu (30/9)

Selain mengamankan ratusan tabung gas, petugas juga mengamankan pemilik rumah berinisial IR, dua orang pekerja D dan BR serta pemilik usaha pengoplosan gas itu, SA dan AL.

“Sebelum digerebek, aktivitas pelaku sudah kita intai selama seminggu lebih. Pemilik gas oplosan adalah SA dan telah kita tetapkan sebagai tersangka,” kata Direktur Reskrimsus Polda Sumut, Kombes Pol Ahmad Haydar kepada wartawan.

Dalam menjalankan aksinya,  pelaku membeli gas ukuran 3 kg seharga Rp18 ribu dari pemilik kios AL. Selanjutnya, dua orang pekerja D dan BR memindahkan isi gas tabung 3 Kg ke tabung 12 Kg atas perintah SA. Tentu jika diisi ke tabung gas 12 Kg harganya lebih mahal karena tidak disubsidi.

“Pelaku ini telah menjalankan aksinya sejak Agustus 2015 lalu. Setiap tabung gas ukuran 12 kg yang dijual, para pelaku mendapatkan keuntungan Rp33 ribu per tabungnya. Gas oplosan ini dijual di Kota Medan,” ungkapnya.

Dari tempat pengoplosan gas itu, petugas juga mengamankan barang bukti satu unit mobil pick up BK 9793 CT, 11 tabung gas elpiji ukuran 12 Kg hasil oplosan, 32 tabung gas ukuran 12 kg dalam keadaan kosong, 136 tabung gas ukuran 3 Kg dalam keadaan berisi, 14 tabung gas ukuran 3 kg dalam keadaan kosong dan enam buah selang regulator untuk memindahkan gas. (samosir)