Tuesday, 17 September 2019

Antisipasi Harga Avtur

Pemerintah Harus Revisi Regulasi Tiket Pesawat

Kamis, 1 Oktober 2015 — 12:43 WIB

JAKARTA (Pos Kota) – Pemerintah diminta segera merevisi regulasi tentang harga tiket pesawat untuk mengantisipasi harga avtur ke depan.

“Menhub segera revisi regulasinya,” kata Ferdinand Hutahean dari Energy Watch Indonesia (EWI), terkait dengan turunnya harga avtur, Kamis (1/10).

Sebab harga tiket pesawat selama ini diatur batas bawah dan atas oleh surat keputusan Menhub. Sehinggga kalau harga tiket pesawat mau turun, ia menegaskan surat keputusan Menhub tersebut harus diubah.

Pihaknya mengungkap sulit berharap kepada maskapai untuk melakukan itu secara sukarela, jika regulasinya diubah atau direvisi.

Sebelumnya, Pertamina menurunkan harga Avtur di Indonesia yang mulai diberlakukan di bandar udara Soekarno-Hatta dengan besaran sekitar 5,23 persen terhadap harga riil dalam denominasi dolar AS.

“Penurunan harga Avtur di Bandar Udara Soekarno-Hatta mulai berlaku pada 1 Oktober 2015,” kata Vice President Corporate Communication Pertamina, Wianda Pusponegoro. Ini merupakan langkah awal untuk penyesuaian harga Avtur di Indonesia. (setiawan/yo)