Saturday, 22 September 2018

Ketua PKK DKI: Jaga dan Pelihara Ruang Publik

Jumat, 2 Oktober 2015 — 8:02 WIB
Foto- Ketua TP-PKK DKI Jakarta, Veronica Tan meresmikan dimulainya pembangunan RPTRA secara simbolis di Jaksel di di Jalan Mawar RT 08/02 Kelurahan Lebak Bulus, Cilandak.  Tampak Veronica Tan berfoto bersama Forum Anak. (rachmi)

Foto- Ketua TP-PKK DKI Jakarta, Veronica Tan meresmikan dimulainya pembangunan RPTRA secara simbolis di Jaksel di di Jalan Mawar RT 08/02 Kelurahan Lebak Bulus, Cilandak. Tampak Veronica Tan berfoto bersama Forum Anak. (rachmi)

CILANDAK (Pos Kota) -Ketua TP-PKK DKI Jakarta, Veronica Tan mengimbau seluruh komponen masyarakat dan pemangku kepentingan dapat menjaga dan memelihara fasilitas publik yang ada termasuk Ruang Publik Terpadu Ramah Anak (RPTRA).

“Keberadaan RPTRA yang jumlahnya terus ditingkatkan Pemprov DKI melalui kerjasama dengan pihak swasta dalam mendukung Kota Jakarta sebagai Kota Modern, Berbudaya dan Kreatif. Jadi selayaknya RPTRA harus kita jaga bersama demi kepentingan bersama,” kata Veronica saat meresmikan dimulainya pembangunan RPTRA di Jalan Mawar RT 08/02 Kelurahan Lebak Bulus, Cilandak.

Peresmian tersebut menandainya pembangunan 11 RPTRA secara simbolis di Jaksel. Hadir Walikota Jaksel, Tri Kurniadi, Ketua TP-PKK Jaksel, Ny Tri Kurniadi, Kepala Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Perempuan (BPMP), Dien Emmawati, Kepala Kantor PMP (KPMP) Jaksel, Keliek Miyarto dan Camat Cilandak, Dhany Sukma.

Veronica,  memuji RPTRA Bahari di Gandaria Selatan yang mampu melibatkan masyarakat dan pihak terkait dalam pemanfaatan secara optimal mulai dari balita hingga lansia. Serta pemeliharaan fasilitas di RPTRA.

Atas dasar itu pula Veronica berharap seluruh wilayah dapat membentuk tim terpadu terkait operasional dan pemeliharaan RPTRA.

Sementara itu Tri Kurniadi, Walikota Jaksel menjelaskan tahun ini Pemko Jaksel secara serentak membangun 11 RPTRA di sejumlah kecamatan dengan prioritas kawasan padat hunian.

“Pembangunan 11 RPTRA di Jaksel seluruhnya melibatkan pihak swasta melalui tanggungjawab sosial perusahaan (CSR). Fasilitas publik ini diharapkan menjadi wadah multi fungsi mulai balita hingga lansia,” ungkap Tri.

‪Lokasi pembangunan RPTRA di Jaksel di antaranya Jalan Inpres Manunggal RT 04/02, Kelurahan Petukangan Selatan, Pesanggrahan, Jalan Saharjo RT 01/08 Kelurahan Menteng Atas, Setiabudi dan Jalan Rasamala III RT 03/13 Kelurahan Menteng Dalam, Tebet. Serta Kompleks Rumah Dinas Guru, Jalan Pasir I RT 01/06, Cianjur, Jagakarsa dan Jalan H Baung III RT 05/02, Kebagusan, Pasar Minggu.

Seluruh RPTRA akan dilengkapi taman dan arena bermain, ruang laktasi, perpustakaan dan kamera pemantau (CCTV).

Kepala KPMP Jaksel, Keliek Miyarto menambahkan 11 RPTRA ditargetkan selesai pada akhir Desember dan rencananya akan diresmikan Gubernur DKI pada Januari 2016.

(rachmi/sir)