Friday, 16 November 2018

Jelang Musim Hujan, 3 Pompa di Penjaringan Rusak

Sabtu, 3 Oktober 2015 — 10:47 WIB

PENJARINGAN (Pos Kota) – Menjelang musim hujan warga Penjaringan, Jakarta Utara khawatir kebanjiran. Ini dikarenakan tiga dari empat mesin rumah pompa Bimoli, di Jalan Inspeksi Kali Karang, RT 22/08, Kelurahan Penjaringan, Kecamatan Penjaringan, Jakarta Utara rusak parah dan tidak bisa beroperasi lagi.

Kondisi ini sudah terjadi sejak empat tahun, namun hingga saat ini belum ada tanda-tanda akan diperbaiki. Padahal sesuai fungsinya keberadaan rumah pompa yang berada di Jalan Inpeksi Kali Karang, tepatnya wilayah RT 22/08, Kelurahan Penjaringan untuk menampung aliran air dari Kali Karang untuk dibuang ke laut saat musim hujan.

Dani,30, operator rumah pompa, mengatakan rusaknya 3 dari 4 mesin di rumah pompa milik Jakarta Propertindo (Jakpro) tersebut sudah berlangsung dari tahun 2011.

“Kerusakan pompa air ini memang sudah terjadi sejak empat tahun lalu 3 dari empat  rumah pompa rusak dan tidak dapat difungsikan. Padahal pompa ini untuk menanggulangi banjir yang ada di kawasan Jembatan tiga dan sekitarnya,” ujar Dani.

Menurutnya, 1 mesin pompa hingga saat ini masih beroperasi tidak mampu menyedot air saat musim hujan. Padahal pompa ini sangat membantu banjir yang ada di kawasan RW 08 yang merupakan kawasan pergundang, sebab pada musim hujan Januari 2015 lalu genang air sempat setinggi lutut orang dewasa.

“Kondisi ini sudah kami laporkan agar tiga mesin pompa yang rusak ini segera  diperbaiki. Tapi kami belum tahu sampai kapan, mudah-mudahan sebelum musim hujan selesai diperbaiki,” terang Dani.

Sementara Lurah Penjaringan, Suranta mengakui adanya  rusaknya 3 dari empat mesin pompa di rumah pompa Bimoli. Meski begitu pihaknya tidak dapat berbuat apa-apa karena bukan kewenangannya. (wandi/yo)