Monday, 26 August 2019

Gunung Parang Terbakar, 50 Brimob Dikerahkan

Minggu, 4 Oktober 2015 — 10:56 WIB

BANDUNG (Pos Kota) – Gunung Karang, di wilayah Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat, terbakar. Untuk membantu memadamkan si jago merah, sebanyak 50 anggota Brimob Polda Jabar dikerahkan ke lokasi kejadian di Kampung Cihuni, Desa Sukamulya, Purwakarta, Minggu (4/10).

“Personel Brimob yang dibekali water canon sudah tiba di lokasi,“ kata Kabid Humas Polda Jabar Kombes Sulistyo Pudjo, Minggu (4/10).

Kondisi terakhir bara api masih menyala dan belum memungkinkan memasuki area gunung yang terbakar, imbuhnya.

Api yang mengamuk di gunung, kini dalam upaya pemadaman yang dilakukan oleh unsur Muspida Purwakarta dengan teknik penanganan terpadu yang melibatkan unsur Polri dan TNI dan mengerahkan masyarakat dari 13 Desa, termasuk RPH Plered.

Berdasar catatan, Gunung Parang merupakan tebing batu andesit tertinggi ke dua di Asia, termasuk dalam urutan 10 besar tebing alam tertinggi di dunia. Gunung batu yang terbentuk dari gesekan bumi dan menyembul ke permukaan ini memiliki tiga jalur panjat.

Tower I, memiliki ketinggian 983 meter di atas permukaan laut (mdpl) dengan medan panjat lebih dari 700 meter. Tower II, hampir sama tinggi dengan tower I. Bentuknya meruncing di bagian atas dan mirip senjata parang. Dan Tower III, lebih landai dan terlihat tumpul dari kejauhan.
(dono/sir)