Thursday, 15 November 2018

Antipasi Genangan, Underpass Cawang Diperbaiki

Senin, 12 Oktober 2015 — 19:57 WIB
Underpass Cawang-700

MAKASAR (Pos Kota) – Suku Dinas Tata Air Jakarta Timur, terus melakukan perbaikan untuk mengatasi genangan yang ada di wilayahnya. Seperti perbaikan di saluran air di underpass Cawang, Makasar, Jakarta Timur, yang kerap tergenang setinggi 40 sentimeter dan menjadi pemicu macet.

Kepala Seksi Pemeliharaan Pengendali Banjir, Suku Dinas Tata Air Jakarta Timur, Mukhid mengatakan, perbaikan yang dilakukan pihaknya karena selama ini genangan air di kawasan Underpass Cawang, akibat saluran air yang tidak maksimal. “Sebelumnya kawasan tersebut kerap tergenang setinggi 40 sentimeter dan membuat terowongan seperti kubangan,” ujarnya, Senin (12/10).

Menurutnya, untuk mengatasi permasalahan tersebut, pihaknya melakukan pelebaran dan pendalaman saluran. Sehingga dari situ, pastinya air dapat mengalir dengan baik dan menghilangkan genangan. “Sebelumnya lebar saluran hanya 30 sentimeter, kini menjadi 80 sentimeter. Untuk kedalamannya, dari sebelumnya 40 sentimeter, kini menjadi 100 sentimeter,” ungkapnya.

Selain melakukan perbaikan saluran, kata Mukhid, pada bulan lalu pihaknya juga sudah menormalisasi gorong-gorong. Hal itu untuk melancarkan aliran air di Jalan DI Panjaitan yang menyalurkan air ke Kali Cipinang. “Selain gorong-gorong, salurannya juga harus diperbaiki. Saat ini sedang kita lakukan pelebaran dan pendalaman saluran air di dalam underpass,” ujarnya.

Mukhid juga menyebut, pada pengerjaan pelebaran saluran itu, ditargetkan akan rampung pada November mendatang. Hal tersebut harus dikebut karena sebentar lagi akan datang musim penghujan. “Mudah-mudahan dengan perbaikan kita bisa meminimalisir genangan sehingga lebih cepat surut,” tandasnya. (Ifand/d)

foto : Perbaikan saluran air untuk mengatasi genangan yang biasa terjadi di underpass Cawang, Makasar, Jakarta Timur. (Ifand/d)