Tuesday, 25 September 2018

Pawai Obor Rayakan Tahun Baru Islam di Bekasi

Selasa, 13 Oktober 2015 — 21:53 WIB
Suasana pawai obor, menyambut Tahun Baru Islam 1437 H, di Perumahan Mangunjaya Indah I Tambun Selatan. (Saban)

Suasana pawai obor, menyambut Tahun Baru Islam 1437 H, di Perumahan Mangunjaya Indah I Tambun Selatan. (Saban)

BEKASI (Pos Kota)-Pergantian Tahun Baru Islam 1437 H, setiap tahun di Kabupaten Bekasi, Jawa Barat bertambah semarak. Ini terlihat dari antusias warga di beberapa perumahan yang dimotori Dewan Kemakmurdan Masjid (DKM) dan pengurus RW.

Seperti halnya di Perumahan Mangunjaya Indah I, Tambun Selatan pada Selasai malam (13/10). Ratusan warga yang terdiri dari bapak-bapak, ibu-ibu, remaja dan anak-anak antusias memperingati pergantian tahun, “Sekarang ini baru namanya tahun baru,” ujar
Fitrin, 12, bocah asal RW 010 Mangunjaya, sambil membawa obor bersama ratusan
warga lainnya.

Mereka nampak bersemangat karena selain kobaran obor, beberapa kesenian pun ditampilkan, seperti marawis, hadroh dan rebana ibu-ibu.

Dua masjid yang ada di perumahan itu bergabung, sehingga rombongan  pawai obor mengular mengelilingi areal perumahan dan jalan Tambun-Tambelang, “Semarak tahun baru Islam saat ini memang lebih terasa, karena remaja dan bapak-bapak  membaur,” ujar  Ustad Manshur, Ketua DKM Baiturrahman. Bersama jamaah DKM, iring-iringan, pawai bertambah meriah, karena lampu jalanan dipadamkan.

Ustadz Said Hudri, Ketua Panitia Peringatan Tahun Baru Islam, mengatakan, kegiatan pawai obor adalah rangkaian memperingati Tahun Baru Islam, selain santunan dan tabligh akbar, “Ini sebagai upaya untuk memperkenalkan kepada generasi muda, bahwa umat Islam pun punya tahun baru,” ujarnya. (Saban/b)