Thursday, 23 May 2019

Pemprov DKI Bertekad Jakarta Bebas Rabies

Rabu, 14 Oktober 2015 — 12:15 WIB
Ilustrasi

Ilustrasi

SETIABUDI (Pos Kota) – Pemprov DKI Jakarta melalui Dinas Kelautan, Pertanian dan Ketahanan Pangan (KPKP) bertekad mempertahankan Jakarta Bebas Rabies (JBR) sejak ditetapkan 2004. Upaya ini dilakukan dengan menggenjot vaksinasi terhadap hewan penular rabies (HPR) secara jemput bola di ibukota.

“Vaksinasi minimal sekali setahun karena penting untuk mencegah penyebaran virus rabies dari hewan berpotensi menularkan rabies (HPR). Dengan begitu status Jakarta Bebas Rabies dapat terus dipertahankan,” kata Kepala Dinas KPKP DKI Jakarta, Darjamuni didampingi Kepala Bidang (Kabid) Peternakan dan Kesehatan Hewan Dinas KPKP DKI, Sri Hartati.

Darjamuni menjelaskan kegiatan vaksinasi sesuai Peraturan Daerah DKI Jakarta Nomor 11 Tahun 1995 tentang Pengawasan Hewan Rentan Rabies, serta Pencegahan dan Penanggulangan Rabies di DKI Jakarta.

Atas dasar itu ia berharap kepedulian pemilik hewan khususnya HPR seperti kucing, anjing dan kera supaya hewan kesayangannya itu rutin divaksin demi kepentingan bersama dari ancaman penularan virus tersebut.

“Terkait hal ini petugas kami di lima wilayah dan Kepulauan Seribu setiap hari door to door rutin memvaksin sekitar 150 HPR,” jelas Darjamuni.

Selain itu untuk mencegah penyebaran rabies, ia mengimbau pemilik tidak membiarkan hewan peliharaannya berkeliaran di jalanan dan permukiman.

Sri Hartati, Kabid Peternakan dan Kesehatan Hewan Dinas KPKP DKI Jakarta menambahkan pada peringatan Hari Rabies sedunia yang dibuka Wakil Gubernur DKI, Djarot Syaiful Hidayat, pihaknya melakukan vaksinasi gratis terhadap 203 hewan meliputi  23 ekor anjing, 80 ekor kucing dan 100 ekor musang.

Selain itu panitia melayani 34 pengunjung yang berkonsultasi terkait kesehatan hewan dan tata cara pemeliharaan hewan kesayangan. (Rachmi)